x

Malas Olahraga Karena Gemuk? Begini Cara Gampang untuk Memulainya

Jumat, 30 November 2018 11:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Biasanya orang gemuk lebih suka santai sambil tiduran ketimbang berolahraga.

INDOSPORT.COM – Punya badan yang gemuk/obesitas memang terkadang tidak menyenangkan. Selain membuat mudah lelah, badan gemuk juga membuat kita lebih senang dengan aktivitas yang tidak terlalu berat.

Kemudian, banyak diantara kita yang menyadari bahwa kegemukan memang tidak selalu menarik jika dipandang dari sudut pandang orang lain. Selain kesannya yang jelek, gemuk juga bisa mengindikasikan suatu masalah kesehatan pada pengidapnya.

Olahraga menjadi salah satu aktivitas alternatif yang bisa dijadikan cara orang gemuk/obesitas untuk bisa menurunkan berat badan hingga sesuai dengan keinginan si pengidapnya. Tapi kebanyakan orang gemuk berpikir kegiatan ini memang selalu saja melelahkan.

Baca Juga

Olahraga juga sebenarnya sangat diperlukan untuk semua orang, terkhusus untuk orang gemuk/obesitas. Memang awal-awal sangat sulit bergerak karena beban tubuh yang besar. Sebenarnya, olahraga juga bisa menjadi gaya hidup orang gemuk apabila bisa memulai dengan cara yang tepat.

Berikut INDOSPORT sudah merangkum bagaimana cara yang tepat untuk memulai olahraga untuk orang gemuk dilansir dari Hello Sehat.

1.)    Olahraga Yang Aman

Ilustrasi orang berbadan gemuk sedang berenang.

Kondisi badan yang gemuk atau obesitas terkadang membuat tingginya tingkat stress organ jantung, jaringan tulang dan persendian. Maka dari itu, mulailah olahraga dengan intensitas yang ringan dan mempunyai beban yang tidak terlalu besar.

Hal ini bisa saja dikonsultasikan dengan dokter ataupun kepada para instruktur olahraga lainnya. Lakukanlah olahraga yang bisa dilakukan sehari-hari serta memprioritaskan keamanan.

Sebenarnya semua orang punya kegemaran dan olahraga yang mereka suka masing-masing. Orang gemuk pun begitu, namun ada baiknya juga kita mulai dengan melakukan olahraga low-impact.

Contohnya, jika anda memiliki masalah lutut, kalian bisa memilih olahraga seperti bersepeda ataupun berenang demi meringankan beban lutut tersebut.

Jika sudah merasa cocok, jalanilah olahraga tersebut secara konsisten. Fokus dengan tujuan, niatkan olahraga untuk sehat bukan untuk berat badan berkurang. Dengan sendirinya mindset ini bisa menjadi suatu kebiasaan tersendiri.


1. 2.) Durasi Olahraga

Ilustrasi orang gemuk saat sedang naik sepeda.

Meskipun sudah sangat nyaman dengan olahraga yang sudah dipilih, jangan terlalu memforsir terlalu berat jangka waktu yang anda berikan untuk alokasi olahraga tersebut. Mulailah dengan 10-15 menit dan jangka waktu tiga hari dalam seminggu.

Dan seiring jalannya waktu, tubuh anda senantiasa beradaptasi terhadap olahraga yang sudah rutin dilakukan. Baru disini anda bisa tambahkan waktu lebih. Bisa sekitar 30-60 menit dalam sehari.

Baca Juga

Waktu minimal olahraga adalah 150 menit per minggu. Lakukanlah olahraga lima hari dalam seminggu dengan minimal 30 menit per hari. 30 menit yang anda alokasikan bisa diciicil, olahraga pagi 10 menit, olahraga setelah makan siang 10 menit dan olahraga sore 10 menit.

Kembali lagi, demi mendapatkan keberhasilan yang anda inginkan, sebaiknya lakukan dengan konsisten. Jadwalkan waktu yang sama setiap hari misalnya selalu melakukan olahraga 30 menit di pagi hari sebelum beraktivitas.

Terus nikmati olahraga tersebut, jangan selalu berpikiran terhadap berapa lama waktu yang sudah dihabiskan.

Baca Juga

3.)    Jangan Mudah Jenuh

Ilustrasi orang gemuk saat sedang bermalas-malasan di tepi pantai.

‘Niat’ menjadi pondasi awal untuk menjalani hal ini. Pikirkanlah gaya hidup sehat seperti olahraga adalah kebiasaan bukan hal yang mempunyai jangka waktu sementara saja untuk dilakukan.

Jangan gampang menyerah dengan hasil yang dicapai pada tahap awal-awal melakukan olahraga. Dengan berjalannya waktu tubuh anda akan mulai dapat melenturkan beberapa gerakan yang sebelumnya belum bisa anda lakukan.

Support system seperti keluarga dan teman bisa menjadi penguat niat. Ajaklah mereka terutama yang sama-sama mempunyai hobi olahraga. Jika memang sulit untuk mengatur diri sendiri, kalian bisa mencari pelatih atau personal trainer.

Baca Juga

Tambahkan latihan kekuatan dan kelenturan disamping olahraga yang sudah rutin dilakukan. Hal tersebut bisa kita tambahkan alokasi waktunya dua sampai tiga hari per minggu. Lakukanlah peregangan demi membantu pemulihan agar semakin cepat setelah melakukan olahraga itu.

Jangan pikirkan angka yang ada di timbangan badan. Buatlah mindset bahwa gaya hidup sehat adalah bagian dari aktivitas rutin yang harus dilakukan sehari-hari mulai dari sekarang. Selalu mulai olahraga dengan pemanasan dan akhiri dengan cooling down.

Ikuti terus berita tips dan trik dari INDOSPORT.COM

Penulis: Abdullah Saputra

Komunitas SehatTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini