x

Workout Sederhana dan Ampuh yang Bisa Dilakukan Saat Sedang Haid

Senin, 24 Desember 2018 17:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
Olahraga saat menstruasi dapat memberikan manfaat

INDOSPORT.COM – Selama mengalami masa menstruasi atau haid, perempuan kerap merasakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut maupun bagian-bagian tubuh lain. Rasa tersebut seringkali membuat kaum hawa terhambat atau enggan dalam melakukan aktivitas termasuk olahraga, karena rasa sakit yang tak tertahankan. 

Namun menurut para ahli, perempuan sebaiknya melakukan olahraga saat sedang haid karena bisa memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Baca Juga

"Gerakan membantu meningkatkan pengiriman oksigen dan mengurangi pelepasan prostaglandin, yang membantu mengurangi kram, Olahraga juga memicu pelepasan endorfin, yang dapat mengubah persepsi nyeri, membantu wanita dengan nyeri dan kram menstruasi." kata U oleh mitra Kotex, Jessica Shepherd, M.D.

Tetapi sebelum anda berolahraga, ketahuilah bahwa beberapa latihan mungkin akan terasa lebih baik. Mengetahui latihan mana yang terbaik selama haid sebenarnya dapat membantu meredakan nyeri dan gejala haid seperti kelelahan, sakit kepala, kegelisahan, kram, insomnia, dan depresi.

INDOSPORT telah menyiapkan empat workout terbaik saat haid, seperti yang terangkum dalam laman Greatist. Ini dia ulasannya.


1. Biarkan Darah Mengalir Dengan Cardio

Ilustrasi Berolahraga di treadmil

Jika anda penggemar olahraga lari, bersepeda, tinju, atau lainnya yang meningkatkan detak jantung, anda dapat meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan tingkat energi ketika merasa lelah.

"Mempertahankan rutinitas kardio intensitas tinggi sepanjang bulan dapat menyulitkan wanita, terutama selama hari-hari menjelang menstruasi," kata pelatih profesional, Sia Cooper.

Hal paling berisiko tentang memilih latihan kardio berdampak tinggi seperti berlari selama haid. Jika anda terlalu lelah untuk berlari, gantilah sesi treadmill yang membuat keringat tetap mengucur dengan berjalan.

Lakukan Sesi Peregangan dengan Pilates

Pilates

Ketika instruktur kebugaran profesional dan pendiri Blogilates, Cassey Ho merasakan gejala menstruasi mulai terasa, ia memulai untuk melakukan sesi peregangan dengan Pilates yang sederhana dan efektif.

"Apa pun yang membuka pinggul dan membalikkan tubuh untuk membantu sirkulasi sangat membantu. Seperti mengangkang lebar, kupu-kupu, pose anak anjing, dan pose anak-anak,” kata Ho.

Anda bisa mencotoh gerakan yang Ho lakukan melalui siaran video workout yang ia bagikan dalam saluran Youtube-nya bernama "Stretches You Need After a Stressful Day".


2. Lakukan Kegiatan Yoga Untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Salah satu teknik yoga untuk ibu hamil.

Olahraga Yoga menjadi salah satu kegiatan yang menjadi favorit selama menstruasi tiba. Kegiatan ini dianggap sangat baik untuk membasmi rasa nyeri.

Pose yang sangat direkomendasikan ialah pose sudut terikat bersandar untuk mengurangi tekanan pada area panggul Anda dan meredakan kram, pose merpati yang didukung untuk melonggarkan area pinggul yang kencang, pose terlentang untuk relaksasi total, dan pose dasar yang dinilai lebih muda.

Olahraga Gerak yang Memberikan Rasa Bahagia

Personel Blacpink berolahraga dengan menari.

Menurut sebuah penelitian, fokus dan perhatian yang ditemukan dalam kegiatan seperti berenang, menari, dan yoga dapat menundukkan kecemasan dan melepaskan endorfin, yang membantu meringankan rasa sakit dan nyeri saat haid.

Kegiatan tersebut dianggap dapat mengalihkan pikiran dari rasa nyeri yang menggelayuti rahim Anda selama masa menstruasi.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Komunitas SehatYogaPilatesTips dan Trik

Berita Terkini