x

Gerakan Latihan Tangan dan Jari untuk Para Gamers dan Pekerja Kantoran

Jumat, 28 Desember 2018 08:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi gamer.

INDOSPORT.COM - Salah satu kunci hidup sehat adalah dengan olahraga teratur. Namun tak hanya tubuh saja yang perlu dilatih, tangan dan jari-jari Anda rupanya juga perlu olahraga.

Apalagi bagi Anda yang berjam-jam duduk di depan komputer dan bekerja menggunakan keyboard, terutama para pekerja kantoran maupun gamer.

Kebiasaan ini bisa membuat tangan Anda menjadi pegal atau kaku. Untuk mengatasi serta mencegah cedera yang parah, Anda bisa melatih tangan dan jari-jari Anda dengan beberapa langkah mudah.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum gerakan-gerakan simpel untuk melatih tangan dan jari-jari Anda, sebagaimana dinukil dari Healthline.


1. Melatih Kekuatan Tangan

Ilustrasi melatih tangan.

1. Remas Bola Tenis

Remas-remas bola tenis atau bola seukurannya selama lima sampai sepuluh detik. Latihan ini seharusnya tidak menimbulkan rasa nyeri. Malah, gerakan ini bisa memperkuat pergelangan tangan Anda.

2. Tekan Meja

Sambil duduk, tempatkan telapak tangan menghadap meja Anda. Tahan tangan Anda ke atas, menempel ketat bawah meja. Tahan selama lima sampai sepuluh detik. Gerakan ini melatih otot yang berada di pergelangan tangan hingga dalam lengan.

Baca Juga

3. Tahan Jempol

Posisikan jempol Anda ke atas sementara empat jari lainnya mengatup, persis seperti membuat simbol 'oke'. Dengan tangan satunya lagi, secara perlahan tekan jempol Anda ke arah belakang. Tahan dan ulangi, lakukan bergantian dengan jempol satunya.


2. Peregangan Jari dan Tangan

Ilustrasi latihan tangan.

1. Posisi Berdoa

Sambil berdiri, letakkan tangan Anda seperti posisi berdoa. Posisikan tangan di depan wajah dan tangan Anda mengatup dari ujung jari hingga ujung siku.

Sambil telapak tangan tetap mengatup, perlahan buka siku Anda. Lakukan gerakan ini sambil menurukan tangan hingga ke depan pinggang. Stop hingga tangan berada di depan pusar. Tahan 10 hingga 30 detik lalu ulangi.

2. Tangan Terbuka

Posisikan tangan Anda lurus ke depan dengan telapak tangan menghadap langit-langit. Dengan tangan satunya, tekan jari-jari Anda ke arah bawah. Tahan 10 hingga 30 detik, lakukan dengan tangan bergantian.

Baca Juga

3. Tangan Terkepal

Sambil duduk, tempatkan tangan Anda di atas paha dengan telapak tangan terbuka. Kepalkan tangan perlahan menjadi gerakan tinju, jangan tekan terlalu keras. 

Dengan lengan bawah yang masih menempel paha, perlahan angkat kepalan tangan ke arah tubuh, bengkokkan di bagian pergelangan tangan. Tahan 10 detik. Turunkan lagi kepalan tangan dan perlahan buka jemari Anda. Ulangi 10 kali.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatOlahragaTips BugarGamersSenamTips dan Trik

Berita Terkini