x

4 Tips Workout untuk Pemula

Senin, 4 Februari 2019 19:50 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi workout di rumah.

INDOSPORT.COM - Jika Anda termasuk seorang pemula yang menjalani sebuah latihan fisik atau yang lebih dikenal dengan istilah workout, perlu diingat bahwa sangatlah penting untuk memahami diri sendiri terlebih dahulu. Karena dengan memahami diri sendiri, secara tak langsung itu menjadi nasihat terbaik bagi diri Anda.

Jika Anda dapat membaca apa kebutuhan diri, Anda akan mengetahui ketika saat sedang tidak cukup makan, saat berat badan terasa mulai berlebihan, ketika Anda memerlukan istirahat yang cukup, atau bahkan ketika tubuh Anda membutuhkan latihan yang lebih keras.

Bagian yang menyenangkan dari berolahraga adalah menemukan pemahaman yang lebih baik tentang tubuh Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan gym atau workout Anda, berikut adalah 4 tips untuk pemula. 

Baca Juga

1. Mengenakan Sepatu yang Tepat

Jika Anda baru melakukan olahraga berlari untuk pertama kalinya, mungkin Anda kurang begitu paham jenis sepatu apa yang cocok dan pas.

Pastilah jenis sepatu kets yang akan Anda tunjuk pertama kali untuk Anda kenakan saat berlari, namun sepatu kets seperti apa dan model seperti apa yang cocok untuk Anda, cukup membingungkan. 

Hal yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah pergi ke toko peralatan olahraga dan meminta saran dari ahli untuk mendapatkan sepatu yang cocok untuk pemula.

Namun sebenarnya baik anda memilih sendiri sepatu Anda ataukah seorang ahli yang memilihkannya untuk Anda, yang terpenting adalah barang tersebut harus nyaman ketikan digunakan. 


1. 2. Jadikan Istirahat sebagai Prioritas

Ilustrasi workout di rumah.

Anda mungkin berpikir semakin berolahraga, semakin banyak kemajuan yang akan anda lihat, tetapi itu tidak benar.

“Apa yang orang perlu pahami adalah bahwa olahraga menekan tubuh, jadi untuk memastikan hal-hal positif yang anda cari, anda perlu memberikan waktu pemulihan,” kata Dr. Cedric Bryant, dikutip dari Bustle.

"Segala sesuatu membutuhkan waktu untuk pulih, membangun kembali, dan meremajakan sebelum terkena stres lagi."

Jadi, untuk membangun lebih banyak otot dan meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan, Anda sebenarnya perlu duduk dan rileks sesekali.

Baca Juga

3. Selalu Hidrasi

Ada lebih banyak hal untuk tetap terhidrasi dari pada hanya menenggak sebotol penuh air putih. Anda memang sangat dianjurkan untuk cukup minum air selama berolahraga, karena jika tidak malah akan berdampak buruk bagi diri Anda. Namun perlu diperhatikan juga kebutuhan tubuh.

Jika berolahraga kurang dari satu jam, Anda tak perlu membawa botol air saat bepergian. Jika lebih dari satu jam, bawa satu - tetapi isi dengan minuman olahraga untuk mengembalikan elektrolit. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa lelah dan dapat mendorong latihan Anda sepenuhnya.


2. 4. Sempurnakan Postur Anda

Ilustrasi stretching.

Bagi banyak pemula, mungkin sulit untuk menguasai gerakan yang tepat. Ada banyak yang harus dipelajari, terutama dalam hal mengangkat beban.

James Grage, salah satu pendiri dan wakil presiden BPI Sports, mengatakan: "Saya melihat orang-orang melengkungkan punggungnya."

"Ini mungkin membantu Anda menjalani latihan, tetapi itu tidak efisien melatih otot, dan pada akhirnya akan mengarah pada musuh terbesar dari olahraga: cedera."

Baca Juga

"Dengan memperbaiki postur tubuh, Anda akan mengembangkan otot yang lebih jelas pada kecepatan yang jauh lebih cepat dan dapat menghindari stres. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, periksa sumber yang dapat dipercaya."

Penulis: Chairun Nissa

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Komunitas SehatOlahragaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini