x

3 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari Demi Membentuk Otot Tubuh

Jumat, 1 Maret 2019 17:19 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM – Demi membentuk tubuh yang atletis biasanya para kaum adam akan mencari tahu bagaimana metode latihan, strategi nutrisi, dan apa saja yang dilakukan untuk menambah kekuatan otot tubuh.

Baca Juga

Namun, tidak jarang ternyata banyak laki-laki yang justru melakukan beberapa kegiatan yang sebenarnya sama sekali tidak perlu untuk dilakukan karena justru akan menjadi bumerang yang dapat menggagalkan program untuk membentuk otot tubuh.

Dilansir dari situs Fitnessformen, berikut tiga hal yang wajib dihindari demi membentuk otot tubuh yang atletis.


1. 1. Mabuk

Mabuk

Banyak di antara kaum lelaki terutama kalangan pemuda yang mengkonsumsi alkohol, baik yang diminum secara sewajarnya maupun berlebihan. Namun meminum alkohol tidak menjadi masalah jika seseorang meminumnya hanya satu sampai dua gelas saja, terutama setelah latihan usai.

Walaupun alkohol memiliki kalori yang berlebih, tetapi bentuk gula di dalam alkohol tidak bisa dipakai oleh otot-otot dalam waktu singkat untuk proses pemulihan setelah latihan. Seseorang yang sedang mabuk biasanya tidak sadar saat sedang lapar, jadi tubuh akan mencari sumber energi yang paling mudah diambil dari dalam tubuh, yakni serat-serat otot tubuh.

Saat itulah tubuh akan memakan diri sendiri untuk tetap bertahan hidup, selain itu efek buruknya karena tubuh sedang hang over yakni alkohol yang ada didalam tubuh akan mengganggu jalur distribusi zat gula tubuh. Hal itu menghentikan proses tubuh yang dapat memberikan nutrisi pada otot-otot dan kemudian melemahkan otot-otot itu serta mengakibatkan penundaan proses pemulihan tubuh.


2. 2. Latihan Berlebihan

Ilustrasi Gym

Latihan terlalu lama dan sering ternyata justru malah tidak baik dilakukan. Karena setelah 45 menit latihan, energi yang tersimpan di liver dan otot-otot akan habis sedangkan jika melakukan latihan selama dua jam maka akan merugikan tubuh. 

Proses penumbuhan otot juga mengandalkan perusakan serat otot dan kemudian memberikanya paling tidak dua hari untuk membangun dan menumbuhkanya lagi.

“Jangan berlatih jika otot masih pegal," ujar seorang atlet lempar lembing dunia, Steve Backley

Hal tersebut juga bisa menurunkan sistem imun tubuh dan memungkinkan tubuh terjangkit penyakit yang ada di lingkungan sekitar. Jika kita sering merasa lemas dan tidak nafsu makan makan, bisa jadi itu merupakan penyebab dari latihan yang berlebih (overtraining).


3. 3. Merasa Kuat, Padahal Tidak

Ilustrasi angkat beban.

Latihan untuk membentuk otot tubuh harus memiliki tahapan. Namun, kenyaataanya banyak orang yang mengangkat beban berlebihan dan terlalu cepat di dalam jadwal program latihannya.

Justru itu malah akan meningkatkan risiko cedera dan juga kurangnya pengaruh terhadap massa otot dibanding dengan mengangkat beban dari set yang bisa diselesaikan.

Untuk membesarkan otot tubuh, kita harus memberikan tekanan pada otot selama kurang lebih 45 sampai 60 detik per set, itu artinya kita harus menyelesaikan sekitar delapan repetisi angkatan.

Penulis: Risto Risanto.

GymTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini