x

Mengenal Yoga Prenatal yang Lagi Hits di Kalangan Artis

Rabu, 6 Maret 2019 16:09 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Tak ada alasan bagi kaum perempuan untuk malas berolahraga, meski sedang berada di kondisi hamil sekalipun. Malah, berolahraga ketikan hamil ternyata mampu membantu proses persalinan, dengan catatan memilih olahraga yang tepat.

Salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk wanita hamil ialah yoga prenatal atau yoga sebelum melahirkan. Ternyata yoga prenatal ini tengah digandrungi kalangan artis karena memiliki segudang manfaat baik bagi fisik maupun mental.

Dua artis tanah air yang melakukan yoga ini di masa kehamilannya ialah Tasya Kamila dan Andien. Mereka bahkan ikut dalam kelas yoga bersama sang suami.

Baca Juga

Tasya Kamila membagikan momen kebersamaan dengan sang suami saat melakukan yoga prenatal dalam foto yang ia unggah di akun instagramnya.

Sedangkan Andien membuat sebuah video turorial di akun youtubenya saat ia melakukan yoga pranatal bersama sang suami dan tentunya didampingi oleh seorang ahli.


1. Manfaat dan Gerakan Yoga Prenatal

Salah satu teknik yoga untuk ibu hamil.

Bagi kalian yang belum tahu mengenai manfaat dan gerakan apa saja yang ada dalam yoga prenatal, INDOSPORT telah merangkum beberapa informasinya.

Manfaat fisik melalui postur tubuh yoga (asana):

1. Melatih postur yang baik, tegap dan kuat di sepanjang kehamilan
2. Melancarkan aliran darah, sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke janin menjadi lancar
3. Menguatkan otot punggung, membuatnya lebih kuat menyangga beban kehamilan dan menghindarkan dari cedera punggung atau sakit pinggang.
4. Melatih otot-otot dasar panggul - perineum - yang berfungssi sebagai otot kelahiran, agar kuat menyangga beban kehamilan, menyangga kandung kemih dan usus besar. Semakin elastis otot dasar panggul, semakin mudah menjalani proses kelahiran, dan semakin cepat pula proses pemulihan pasca melahirkan.
5. Membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti mual, sakit punggung, sakit pinggang, kandung kemih lemah, konstipasi, dll.

Manfaat mental melalui pernapasan, relaksasi, dan pemusatan pikiran:
1. Menggunakan teknik pernapasan yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan pikiran. Sebagai media self help yang akan membantu saat dilanda kecemasan dan ketakutan, atau saat perhatian tercerai berai.
2. Menggunakan teknik pernapasan yoga untuk beristirahat sejenak di antara dua kontraksi untuk mengumpulkan energi.
3. menggunakan teknik teknik relaksasi untuk menginduksi rasa nyaman dan rileks di sepanjang kehamilan dan saat melahirkan. Menjaga otot tubuh tetap rileks saat melahirkan.

Baca Juga

Jika Anda tertarik melakukan yoga prenatal, berikut gerakan yang terkandung dalam yoga prenatal:

1. Partner cat/cow:
Saling berhadapan di meja/merangkak, jadikan pasangan Anda sebagai cermin untuk menyinkronkan napas dan gerakan.

2. Partner supported balancing cat:

Ambil posisi saling berhadapan, letakkan kaki kanan di belakang Anda dengan menekan tumit dan letakkan tangan kiri Anda di bahu kanan pasangan. Bernapas, dan lakukan sisi lain.

3. Partner wide-legged seated forward bend:

Ini adalah peregangan yang kuat — bagian bawah telapak kaki menyatu dan tangan digenggam saat Anda membimbing satu sama lain ke dalam lipatan.

Penulis: Chairun Nissa

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Komunitas SehatTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini