x

Mewah, Fasilitas Mimika Sport Complex yang Menyedot Anggaran Rp468 Miliar

Rabu, 3 April 2019 15:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Mimika Sport Complex, Papua

INDOSPORT.COM - Berbagai persiapan menjelang gelaran multicabang terelite di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, di Papua dan Papua Barat mulai gencar dilakukan, salah satunya ialah peresmian Mimika Sport Complex (MSC).

Mimika Sport Complex (MSC) merupakan salah satu Sport Center yang didirikan di Kabupaten Mimika, Papua. Kompleks ini berdiri di atas lahan seluas 25 hektar dan telah dibangun sejak enam tahun silam (2013).

Pembangunan MSC menghabiskan anggaran sebesar 33 juta dolar AS (sekitar 468 miliar rupiah). Nominal tersebut sebanding dengan 120.000 kali lipat Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta!

Baca Juga

Jika Stadion Papua Bangkit menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembangunannya, MSC sedikit berbeda karena dibangun menggunakan dana tangung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT Freeport Indonesia.

Walaupun dibangun menggunakan dua pendanaan berbeda, baik Stadion Papua Bangkit maupun MSC sama-sama dipersiapkan untuk menyambut PON XX 2020 mendatang. MSC terbagi menjadi tiga komplek bangunan, yaitu Stadion sepak bola, stadion indoor, dan asrama atlet. 

Khusus stadion sepak bola menggunakan rumput sintesis yang diimpor langsung dari Swiss. Bentuk atap tribun stadion MSC ini dirancang menyerupai ekor cendrawasih dengan memiliki kapasitas 3.500 kursi penonton.

Baca Juga

Sedangkan, stadion indoor MSC mampu menampung hingga 5.500 penonton untuk pertandingan bola voli, basket, dan bulutangkis. Tiga cabang ini memang diketahui menyedot cukup banyak penonton karena digemari masyarakat luas.

Keunikan lain MSC terdapat pada komplek bangunan asrama atletnya yang didesain mirip rumah adat khas Papua, Honai. Bangunan ini setidaknya mampu menampung sekitar 1.400 atlet.

Pembangunan Mimika Sport Complex (MSC) menghabiskan waktu selama enam tahun sejak 2013. Tahun ini, kompleks olahraga yang menjadi salah satu ikon Papua ini akan segera diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Penulis : Shella Aisiyah Diva

Ikuti Terus Berita PON XX 2020 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

PapuaJoko WidodoPekan Olahraga Nasional (PON)Stadion Papua BangkitBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini