x

Banyak Nama Kejutan! Berikut Daftar 5 Atlet Terkaya di Indonesia

Selasa, 9 April 2019 17:21 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
Michael Bambang Hartono dan Chris John terdaftar sebagai atlet terkaya di Indonesia. Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Berkecimpung sebagai atlet Indonesia belakangan mulai menjanjikan, khususnya dalam hal ekonomi.  Tak hanya berkecukupan dalam urusan ekonomi untuk menjalani hidup sehari-hari, namun para atlet juga mampu menjadi miliuner berkat kiprah mereka sebagai atlet ke dalam deretan miliuner yang ada di Indonesia.

Tak ada salahnya memang, karena apa yang didapat para atlet tersebut tentu merupakah buah kerja kerasnnya sendiri. Jika kita cermati lebih dalam misalnnya, atlet-atlet yang kini memiliki pendapatan yang lebih dari cukup bukanlah atlet yang sembarangan, namun atlet-atlet dengan segudang prestasi di level nasional dan internasional.

Baca Juga

Sebuah situs internasional toprichests misalnya pernah merangkum beberapa nama atlet yang diurutkan mereka sebagai atlet terkaya di Indonesia. Dalam daftar tersebut, nama-nama atlet yang berprestasi di level Internasional mampu mendominasi.

Siapa saja deretan atlet terkaya Indonesia itu? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk para pembaca.


1. Chris John

Chris John petinju Indonesia

1. Chris John

Di urutan pertama ada mantan juara tinju dunia Chris John. Memegang sabuk juara kelas bulu WBA (World Boxing Asociation) hampir satu dekade. Pundi-pundi uang pun mengalir ke saku pria asla Banjanegara itu.


Dalam laporan toprichests tertanggal 14 Mei 2018, Chris John disebutkan memiliki  kekayaan bersih sebesar 15 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 218 miliar.

2. Taufik Hidayat

Legenda bulutangkis, Taufik Hidayat

Di bawah Chris John ada mantan juara dunia lainnya, Taufik Hidayat. Sebagai juara dunia bulutangkis tahun 2000 dan peraih medali emas Olimpiade 2004, nama Taufik memang mampu muncul menjadi legenda hidup bulutangkis Indonesia.

Nama besar yang membuatnya bisa mengantongi kekayanan hingga mencapai 11 juta dolar AS (Rp 160 miliar).

3. Muhammad Rachman

Selain Chris John, pundi-pundi uang di dunia tinju rupanya juga mampu membawa nama Muhammad Rachman ke dalam deretan atlet terkaya di Indonesia.

Rachman yang pernah merebut gelar juara dunia IBF pada tahun 2003 itu disebutkan memiliki nilai kekayaan hingga 10,5 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 152 miliar.


2. Ellyas Pical

Legenda tinju Indonesia Ellyas Pical

4. Ellyas Pical

Selanjutnya dalam daftar yang dibuat toprichests  ada petinju lainnya Ellyas Pical. Petinju legendaris Indonesia yang mampu meraih 31 kemenagan dalam 44 laga internasionalnya itu disebut memiliki kekayaan mencapai 9 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 131 miliar.

Masuknya nama Ellyas Pical ini sebenrnya cukup mengejutkan, mengingat petinju asal Maluku itu justru dikabarkan sempat mengalami kebangkrutan hingga sempat menjadi satpam dan office boy pada 2015 silam.

5. Alan Budikusuma

Di urutan kelima ada pebulutangkis legendaris, Alan Budikusuma. Peraih medali emas Olimpiade 1992 itu disebutkan memiliki kekayaan sekitar 8,5 juta dolar Amerika Serikat atau sama dengan Rp123 miliar.

Nilai kekayaan Alan tersebut kemungkinan besar sudah bertambah saat ini, seiring terjunnya ke dunai bisnis bersama sang istri Susy Susanti dengan membentuk merek peralatan olah raga bulutangkis, Astec.

Tambahan: Michael Hartono

Michael Bambang Hartono.

Di luar daftar yang dirilis toprichests, Indonesia sebenarnya memiliki atlet terkaya lainnya. Bahkan jumlah kekayaannya melebihi nama-nama di atas, yakni atlet Bridge Michael Hartono

Michael Hartono yang sempat bertanding untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018 itu memang merupakan seorang pengusaha sukses Indonesia yang memiliki Djarum. Michael  Harton dinobatkan o sebagai orang terkaya di Indonesia bersama Robert Budi Hartono.

Baca Juga

Keduannya total dikabrkan memiliki kekayaan hingga 35 miliar dollar amerika serikat atau sekitar Rp 488,6 triliun versi majalah Forbes.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT 

Chris JohnTaufik HidayatAlan BudikusumaMichael Bambang HartonoTRIVIABerita Sport

Berita Terkini