x

Tak Sekadar Gaya Hidup, Yoga Juga Bisa Cegah Kanker

Sabtu, 13 Juli 2019 16:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Founder Jagannatha Yoga School

INDOSPORT.COM - Kanker mungkin menjadi momok penyakit yang menakutkan. Bahkan kanker dapat dikatakan salah satu penyakit yang mematikan.

Kanker terkadang datang tak mengenal usia. Tak hanya dewasa, terkadang kanker juga menerjang anak-anak.

Namun penyakit kanker ternyata dapat dihindari. Bahkan bila pun sudah terkena, kanker ternyata yoga dapat membantu dalam proses penyembuhan.

Baca Juga

Hal ini seperti diutarakan oleh Founder Jagannatha Yoga School, Uci Wijayanto. Menurut Uci, yoga tak hanya olahraga, melainkan gaya hidup yang ternyata sangat erat dalam penyembuhan kanker.

"Yoga itu adalah lifestyle atau gaya hidup sehat yang holistik. Kenapa holistik, karena bukan hanya cara kita hidup, tapi juga cara kita berpikir," buka Uci ketika berbincang dengan INDOSPORT di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (13/07/19).

Uci Wijayanto, Founder Jagannatha Yoga School.

"Erat kaitannya yoga dan kanker, sebab dengan latihan yoga secara mental dan spiritual bisa membantu dan mencegah terjadinya kanker. Atau juga membantu dalam proses rehabilitasi atau recovery untuk lebih baik," jelasnya.

Uci memang memiliki keyakinan, bahwa seberat apapun penyakitnya seperti ada cara untuk penyembuhannya. Namun yang utama baginya adalah membangun psikis untuk lebih positif dalam menghadapi sesuatu.

"Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Semua penyakit sebagian besar dari psikis jadi lebih banyak yang kita bangun di yoga adalah pola pikir untuk lebih positif. Selain itu gerakan dalam yoga membantu stimulan organ penting dalam hidup juga," bebernya lagi.

Baca Juga

Pernyataan Uci pun diamini oleh General Manager Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI), Ruth Setiabudi. Menurut Ruth dokter pun menilai dengan yoga bisa membantu penyembuhan kanker.

General manager Yayasan Kanker Anak Indonesia, Ruth Setiabudi

"Menurut dokter, yoga memang bagus. Karena mengotrol pernapasan. Kita diarahkan tidak stres dan dibenahi dulu psikis untuk tenang dalam mengatasi masalah," tukas Ruth.

YogaOlahragaYayasan Kanker Indonesia (YKI)Berita OlahragaYoga Charity for Children with Cancer

Berita Terkini