x

Deretan Atlet yang Pernah Berurusan dengan KPK Sebelum Taufik Hidayat

Kamis, 1 Agustus 2019 14:43 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Sebuah kabar mengejutkan datang dari legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat. Dirinya dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (01/08/19).

Taufik tiba di Gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 10.00 pagi WIB dan langsung masuk ke dalam lobi sambil mengenakan kartu tanda pengenal khusus bagi setiap tamu yang datang ke KPK.

Pemilik medali emas Olimpiade 2004 dipanggil untuk dimintai keterangan, atas kasus suap yang terjadi dilingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga

Seperti diketahui, Taufik Hidayat sendiri saat ini menjabat sebagai staf khusus di Kemenpora sejak September 2016 lalu, bidang komunikasi dan kemitraan.

"Pengembangan dari perkara sebelumnya yang telah diproses di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Akan tetapi Taufik Hidayat bukanlah satu-satunya atlet yang pernah berurusan dengan KPK. Tercatat, sudah ada beberapa nama mantan atlet yang pernah mendatangi gedung yang diberi nama Merah Putih itu.

Baca Juga

1. Asep Hendro

Nama Asep Hendro mungkin masih terasa asing di telingan pecinta olahraga balap di Indonesia saat ini. Sebab, Asep saat ini lebih dikenal sebagai pengusaha. Padahal, ia merupakan mantan pembalap tahun 1990-an. 

Kecintaannya di dunia otomotif, membuat Asep mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang yang disukainya itu, dengan nama PT Asep Hendro Racing Sport atau biasa disebut PT AHRS pada tahun 1997 silam.

Tak hanya dikenal sebagai produsen dan pebisnis racing part, Asep juga piawai membina pembalap-pembalap berprestasi.

Namun tak disangka, Asep rupanya pernah berurusan dengan KPK pada April tahun 2013 lalu. Ia dipanggil oleh KPK terkait dugaan suap kepada ketua penyidik kantor wilayah direktorat jenderal pajak Jakarta Pusat, Pargono Riyadi.

KPK menyita uang Rp125 juta yang diduga sebagai bagian komitmen suap Asep senilai Rp600 juta. Namun, tidak butuh waktu lama, KPK akhirnya membebaskan Asep setelah dalam penyelidikannya, ia tidak terlibat tindak pidana korupsi.

2. Fenny Steffy Burase

Selanjutnya ada mantan atlet lari Tanah Air sekaligus model Fenny Steffy Buarse. Ia berurusan hingga dicekal ke luar negeri oleh KPK, lantaran kasus suap yang melibatkan suaminya, Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh pada Juli 2018 lalu.

Steffy diketahui merupakan panitia Aceh Marathon International yang seharusnya berlangsung di Sabang pada 29 Juli 2018. Uang suap yang diduga diterima Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dipergunakan untuk kepentingan kegiatan Aceh Marathon 2018.

Taufik HidayatLariLegenda OlahragaKPKTRIVIABulutangkis

Berita Terkini