x

Prestasi Olahraga Indonesia Bersama Imam Nahrawi Selama Jadi Menpora

Kamis, 19 September 2019 11:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Imam Nahrawi tersangka, ini sederet prestasi olahraga selama dirinya menjabat Menpora.

INDOSPORT.COM - Resmi ditetapkan sebagai tersangka, lantas apa saja prestasi olahraga yang telah diukir oleh Imam Nahrawi selama dirinya menjabat sebagai Menpora?

Ya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dana hibah dari pemerintah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata dalam konferensi pers di Jalan kuningan Persada, Rabu (18/09/19) sore.

Baca Juga

“Dalam penyelidikan tersebut ditetapkan dua orang tersangka, yaitu IMR (Imam Nahrawi) dan MIU (Miftahul Ulum,” ujar Alexander Marwata.

Menpora Imam Nahrawi dan asistennya, Miftahul Ulum ditetapkan jadi tersangka terkait pengembangan kasus suap dana hibah dari pemerintah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Baca Juga

Sebelumnya, Miftahul sudah lebih dulu ditahan oleh KPK pada awal bulan September 2019 ini. Diduga, Menpora Imam Nahrawi menerima uang suap sebesar 26 miliar rupiah.

Dari kalangan atlet, PSSI hingga netizen banyak yang tak menyangka Imam Nahrawi bisa menjadi tersangka kasus dugaan suap oleh KPK. Pasalnya, sederet prestasi olahraga diukir oleh Imam selama dirinya menjabat sebagai Menpora. Simak selengkapnya.


1. Prestasi Olahraga Imam Nahrawi sebagai Menpora

Menpora, Imam Nahrawi ditetapkan tersangka oleh KPK

Imam Nahrawi mulai menjabat sebagai Menpora sejak tanggal 27 Oktober 2014. Di awal kepemimpinannya sebagai Menpora, Imam Nahrawi langsung dihadapkan dengan kasus besar di sepak bola.

Yaitu kasus besar yang melibatkan PSS Sleman vs PSIS Semarang, yang dulu disebut dengan sepak bola gajah. Tidak lama dari kasus itu, Imam bahkan tak butuh waktu lama untuk memberi teguran ke PSSI sebanyak tiga kali hingga April 2015 lalu.

Tak juga menjawab surat teguran dari Kemenpora, Imam mengambil keputusan kontroversial membekukan PSSI. Karena keputusan itu, FIFA turut membekukan PSSI karena dianggap adanya intervensi dari pemerintah.

Selain keputusan kontroversial tersebut di awal kariernya menjabat sebagai Menpora, Imam Nahrawi ternyata menuliskan tinta emas di olahraga Indonesia selama masa jabatannya. Berikut ini sederet prestasi olahraga Indonesia bersama Imam Nahrawi.

Baca Juga

1. Emas Olimpiade 2016

Medali Emas ditorehkan oleh atlet Indonesia di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil tiga tahun yang lalu. Dengan prestasi tersebut, Imam Nahrawi menjadi Menpora yang sukses, karena Indonesia sudah sangat lama tak meraih medali emas.

Medali emas Olimpiade Brasil 2016 itu diraih oleh cabang olahraga bulutangkis lewat pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Cabang olahraga lain, yakni angkat besi juga meraih dua medali perak.

Sebelum era kepemimpinan Imam Nahrawi, Indonesia terakhir kali menyabet medali emas pada Olimpiade Beijing 2008. Cabor bulutangkis kembali yang menyumbangkan medali emas, lewat ganda putra, Hendra Setiawan/Markis Kido.

2. Prestasi Asian Games 2018

Prestasi kembali ditorehkan olahraga Indonesia dalam kepemimpinan Imam Nahrawa sebagai Menpora. Terjadi saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018 lalu.

Indonesia secara keseluruhan berada di peringkat keempat klasemen raihan medali dengan total 98 medali. Rinciannya adlaah 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu, hasil ini menjadi yang paling bagus untuk Indonesia.

Berada di peringkat keempat raihan medali Asian Games merupakan yang terbaik untuk Indonesia. Sebelum ini, kita pernah menempati peringkat kedua klasemen medali, tapi itu sudah sangat lama, saat Asian Games 1962 di Jakarta.

3. Bonus Besar untuk Atlet

Selain prestasi, Imam Nahrawi juga dikenal sebagai Menpora yang rajin memperjuangkan hak atlet yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kejuaraan-kejuaraan olahraga internasional.

Kita lihat saja bonus yang diberikan oleh pemerintah kepada atlet yang berhasil meraih medali emas. Jika sebelum-sebelumnya rata-rata Rp1 miliar, kini para peraih medali emas bisa mengantongi hingga Rp5 miliar.

Sementara pada Asian Games 2018 lalu, Imam juga dikabarkan punya peran besar dalam guyuran bonus sama rata ke semua atlet berprestasi di pesta olahraga Asia itu. Yaitu mendapatkan bonus Rp1,5 miliar, baik itu Asian Games atau Asian Paragames 2018.

4. Kemajuan eSports yang Pesat

Selain prestasi di kejuaraan olahraga internasional, Imam Nahrawi juga menjadi tokoh yang paling getol menyuarakan dukungannya pada perkembangan eSports di Indonesia.

Imam Nahrawi pernah mengungkapkan bahwa atlet eSports sama seperti yang lainnya, dan tentunya butuh pembinaan dan dukungan agar bisa berprestasi di kancah nasional dan juga internasional.

"Atlet eSports juga membela Merah Putih sehingga perlu dibina dan diperhatikan fisik, mental dan hal-hal lainnya. Pemerintah sangat mendukung untuk mengadakan kejuaraan eSport tingkat nasional dan internasional," ucap Imam pada akhir Desember 2018 lalu.

Baca Juga

Bahkan sebelum pernyataannya itu, Indonesia sudah mengirimkan kontingennya untuk mengikuti uji coba di Asian Games 2018 lalu. Bahkan satu atlet eSports kita sukses meraih satu medali emas, yaitu Ridel Yesaya Simarandak untuk kategori Clash Royale di Asian Games 2018.

Itulah sederet prestasi olahraga Indonesia yang terjadi selama kepemimpinan Imam Nahrawi sebagai Menpora.

FIFAKONIPSSIAsian GamesOlimpiadeAsian Games 2018Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Imam NahrawiOlimpiade 2016Multi-EventMenporaKPKBulutangkisSepak Bola

Berita Terkini