x

Indonesia Tambah Pundi Medali dari Cabang Senam Artistik

Senin, 2 Desember 2019 20:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak untuk Indonesia di cabang senam artistik nomor individual all-round putri SEA Games 2019, Senin (2/12/19).

INDOSPORT.COM – Indonesia menambah pundi-pundi medali di SEA Games 2019 lewat cabang senam artistik. Atlet Tanah Air, Rifda Irfanaluthfi, menyumbang medali perak di nomor individual all-round putri, Senin (2/12/19), di Rizal Memoriam Coliseum, Filipina.

Dalam nomor individual all-round putri, Rifda tampil apik di empat babak yang dilombakan, yakni vault, floor exercise, uneven bars, dan balance beam. Pesenam putri andalan Indonesia itu mengumpulkan total 48.025 poin.

Sebenarnya, perolehan poin Rifda menjadi yang paling tinggi. Namun, untuk nomor all-around, perhitungan poin diambil dari percobaan pertama. Farah Ann Abdul Hadi (Malaysia), yang mendapatkan 47.625 poin, menjadi peraih medali emas.

Baca Juga

Sedangkan, medali perunggu direngkuh oleh Tang Ing Yueh dengan total 46.825 poin. Tang menjadi yang terbaik di nomor vault dengan perolehan 13.575 poin. Hanya saja, ia harus puas di posisi ketiga akibat tampil buruk di nomor uneven bars.

Hasil ini membuat Rifda gagal mempertahankan medali emas di nomor individual all-around. Ia sangat tegang hingga beberapa kali kehilangan pijakan di nomor balance beam. Dalam nomor itu, ia harus puas duduk di posisi kelima.

Baca Juga

“Saya merasa kurang di alat balance beam karena banyak gerakan saya yang kurang, bahkan sempat jatuh juga. Belum cukup puas, tetapi puji syukur di alat yang lain bisa tampil cukup bagus,” ucap Rifda dilansir dari Antara.

“Saya tidak punya masalah fisik, tetapi hari ini mental sangat diuji. Saya kurang bisa mengontrol emosi dan sempat goyang karena itu. Saya sangat tegang karena SEA Games 2017 lalu bisa dapat emas,” lanjut Rifda.

Baca Juga

Rifda sendiri lolos ke final khusus nomor vault, floor exercise, uneven bars, dan balance beam, Selasa (3/12/19) besok. Pasalnya, ia meraih posisi lima besar dalam setiap nomor. Pesenam berusia 20 tahun itu tentu masih berpeluang merebut medali emas.

Raihan medali perak Rifda Irfanaluthfi membuat Indonesia masih berada di posisi keempat perolehan medali sementara SEA Games 2019. Hingga Senin (2/12/19) ini, Indonesia telah mereaih enam emas, 11 perak, dan 12 perunggu.

IndonesiaMalaysiaSenamSEA Games 2019

Berita Terkini