x

6 Kali Naik Podium, Intip Cabang Olahraga yang Jadi Lumbung Medali Timor Leste di SEA Games 2019

Selasa, 10 Desember 2019 17:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Intip Cabang Olahraga Lumbung Medali Timor Leste di SEA Games 2019

INDOSPORT.COM - Telah enam kali naik podium juara hingga Selasa (10/12/19) siang WIB, intip cabang olahraga yang menjadi lumbung medali kontingen Timor Leste di ajang SEA Games 2019 Filipina.

Timor Leste sendiri sempat berhari-hari tanpa medali di SEA Games 2019, namun penantian lama tersebut akhirnya terbayarkan setelah mendapatkan perunggu dari cabor tinju pada Minggu (08/12/19) lalu.

Adalah Jose Barretto Quintas Da Silva, atlet tinju nomor 52 kg kelas terbang pria tersebut berhasil memecah telur raihan medali Timos Leste di SEA Games 2019 ini.

Baca Juga

Jose Barretto Quintas Da Silva berhasil meraih medali perunggu setelah terhenti di babak semifinal, usai kalah oleh petinju Thailand, Ammarit Yaodam, dengan skor 1-4. 

Usai meraih medali pertama, Timor Leste langsung on fire dan mendapatkan lima medali beruntun di berbagai cabang olahraga. Meski bukan emas, namun torehan tersebut sukses memperbaiki citra Timor Leste di pesta olahraga ASEAN.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas deretan cabang olahraga yang menjadi lumbung medali Timor Leste di ajang SEA Games 2019.

Selama sepanjang sejarah gelaran SEA Games, Timor Leste memang jarang meraih hasil maksimal termasuk untuk mendapatkan medali emas. 

Bahkan sejak pertama kali ikut SEA Games tahun 2005 silam, Timor Leste baru mendapatkan total 29 medali, yang tersebar dalam tiga emas, lima perak dan 21 perunggu.

Dalam gelaran tahun ini atau hingga Selasa (10/12/19), medali paling banyak Timor Leste adalah perunggu yang berasil dari cabang olahrahga Taekwondo dan Tinju.

Total olahraga taekwondo telah menyumbang empat medali yang diraih oleh Bonifacio Da Silva Lobo (perunggu), Luisa Dos Santos Rosa (perunggu), Ana Da Costa Silva (perak) dan Imbrolia De Araujo Dos Reis Amorin (perunggu).

Sementara tinju menyumbangkan dua medali yang diraih oleh José Barreto Quintas da Silva (perunggu), dan Soares Sarmento Frederico (perunggu).

Baca Juga

Sejak keikutsertaan pertamanya di SEA Games, cabang olahraga Taekwondo memang selalu menjadi andalan Timor Leste untuk dapat meraih medali. 

Di SEA Games terakhir tahun 2017, Taekwondo menjadi satu-satunya cabang olahraga yang bisa menyumbangkan medali buat Timor Leste dengan total tiga medali perunggu. Tidak heran di tahun ini pun Timor Leste kembali meraup medali di cabang olahraga asal Korea Selatan ini.

SEA GamesTimor LesteTaekwondoTinjuSEA Games 2019Serba Serbi SEA Games 2019

Berita Terkini