x

Demi Jadi Tuan Rumah, Indonesia Dukung Keputusan Jepang soal Olimpiade 2020

Senin, 23 Maret 2020 21:50 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Prosesi penyalaan api Olimpiade 2020 di Yunani.

INDOSPORT.COM - Nasib Olimpiade Tokyo 2020 masih belum menemui titik terang. Wabah virus Corona yang melanda dunia membuat banyak negara yang mendesak untuk menunda  olahraga 4 tahunan ini

Ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari atau yang dikenal Sapta Okto, mengatakan akan mendukung apapun keputusan Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Sikap kita dari kemarin pada saat video conference, kita bilang bahwa kita mendukung setiap keputusan dari IOC, karena kita percaya IOC pasti mengedepankan keselamatan para atlet," ujar Okto, dikutip dari Antara.

Baca Juga
Baca Juga

Okto menambahkan Indonesia harus menunjukkan dukungannya agar memuluskan langkah menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Iya (mendukung) karena kita punya kepentingan (lolos bidding tuan rumah Olimpiade 2032) dan kita tidak akan mempengaruhi apa-apa karena Jepang itu bagaimanapun harus kita dukung," ucapnya.

Sebagai respons terhadap seruan penundaan yang semakin kencang, IOC dan panitia penyelenggara Tokyo 2020, pada awalnya bersikeras bahwa Olimpiade 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal. Namun kini mereka mulai membicarakan skenario alternatif, termasuk skenario penundaan.

"IOC berkoordinasi penuh dengan panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo, pemerintah Jepang serta pemerintah wilayah Metropolitan Tokyo, memulai pembicaraan dengan peninjauan menyeluruh atas perkembangan situasi kesehatan di dunia, dampaknya terhadap Olimpiade Tokyo, termasuk skenario penundaan," ujar dewan eksekutif IOC.

Baca Juga
Baca Juga

Pembicaraan tersebut diperkirakan akan membuahkan hasil dalam kurun waktu empat pekan dan apapun keputusannya Indonesia tetap mempersiapkan diri untuk Olimpiade 2020.

Penulis: Farel Alenka

OlimpiadeOlimpiade 2020Raja Sapta OktohariOlimpiade Tokyo 2020Olimpiade 2020 JepangOlimpiade 2032Berita Olahraga

Berita Terkini