x

Catat, Ini Dia Tanggal Baru Pelaksanaan Olimpiade Tokyo

Senin, 30 Maret 2020 19:20 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
Olimpiade Tokyo akhirnya mendapatkan tanggal pelaksanaan baru.

INDOSPORT.COM – Setelah ditunda ke tahun 2021 akibat pandemi corona yang masih terus terjadi, Olimpiade Tokyo akhirnya mendapatkan tanggal pelaksanaan baru.

Dilansir Bloomberg, Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo akhirnya meraih kesepakatan untuk menggelar upacara pembukaan Olimpiade pada tanggal 23 Juli 2021. Sementara itu, upacara penutupan akan digelar pada tanggal 8 Agustus.

Dengan demikian, jadwal baru ini akan berjarak nyaris tepat satu tahun dari jadwal lama yang direncanakan digelar pada 24 Juli 2020 – 9 Agustus 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, beberapa hari lalu Presiden IOC Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe resmi memundurkan pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun 2021 akibat pandemi Corona. Kedua belah pihak menyebut adanya pandemi akan menyulitkan para atlet untuk berlatih dan meloloskan diri dari babak kualifikasi sebelum Juli 2020.

Sebelum menentukan jadwal baru ini, pihak IOC dan penyelenggara sempat mengeluarkan pernyataan bahwa jadwal baru Olimpiade tidak akan melewati musim panas 2021. Pihak Jepang bahkan sempat berencana untuk menggelar ajang tersebut pada musim semi, sebelum akhirnya meraih kesepatakan dengan IOC tentang tanggal baru tersebut.

Pemunduran hingga satu tahun ini merupakan pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah Olimpiade. Meski demikian, tercatat sudah ada dua pelaksanaan Olimpiade yang akhirnya dibatalkan karena adanya perang dunia, yakni pada tahun 1940 dan 1944.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, CEO Tokyo 2020, Toshiro Muto menyebut bahwa pihak komite penyelenggara masih harus menghitung biaya tambahan yang diperlukan akibat penundaan ini. Jepang sendiri telah mengeluarkan 26 miliar dolar (425 triliun rupiah) untuk mempersiapkan Tokyo menjadi tuan rumah.

Menurut ahli ekonomi dari Universitas Kansai, penundaan satu tahun bisa memicu kerugian hingga 5,8 juta dolar (95 miliar rupiah). Meski demikian, Presiden IOC Thomas Bach menjamin para sponsor Olimpiade tidak akan mengundurkan diri meski ajang ini mengalami penundaan.

JepangInternational Olympic Committee (IOC)Olimpiade 2020Olimpiade Tokyo 2020Olimpiade 2020 JepangBerita OlahragaVirus Corona

Berita Terkini