x

Kemenpora Kunjungi NPC Sumut, Apresiasi Semangat Atlet

Selasa, 22 Desember 2020 15:24 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
Deputi IV Kemenpora saat meninjau atlet difabel di Sekertariat NPC Sumut di Medan, Senin (21/12/20).

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi IV bidang peningkatan prestasi mengapresiasi semangat juang atlet difabel Sumatera Utara (Sumut) saat menjalani pemusatan latihan daerah, meski dalam suasana pandemi Covid-19.

Asdep Standarisasi dan Infratstruktur Olahraga Deputi IV Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putra merasa kagum kepada atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumut yang memiliki semangat juang berlatih meski di tengah pandemi.

"Saya sangat kagum dengan semangat atlet NPC Sumut berlatih di tengah Covid-19. Yang terpenting protokol kesehatan juga harus tetap dijalankan saat latihan,” ucap Dwijayanto saat kunjungan kerja ke kantor NPC Sumut, Senin (21/12/20).

Dwijayanto didampingi staf ahli Menpora Joni Mardizal, mengatakan tujuan kunjungan ke sekretariat NPC untuk meninjau standarisasi kelayakan peralatan yang digunakan saat latihan.

Baca Juga
Baca Juga

“Kita ingin melihat peralatan yang ada disini dan latihan atlet NPC. Ini sudah tiga kalinya kita berikan bantuan peralatan ke NPC. tapi, kita tetap evaluasi apa yang masih menjadi kekurangan peralatan latihan. Karena NPC Sumut banyak atlet nasional seperti angkat berat, tenis meja, dan catur. Kita harapkan prestasi atlet NPC Sumut lebih baik,” terangnya.

Dikatakan Dwijayanto, dalam kurun beberapa tahun ini, kemenpora telah menyerahkan bantuan peralatan latihan kepada NPC Sumut, demi mendukung peningkatan prestasi. Apalagi Sumut dikenal sebagai salah satu provinsi yang menjadi penyumbang atlet nasional.

“Bantuan ini tentu dalam rangka peningkatan prestasi olahraga. Jadi, mana peralatan yang telah usang, silahkan diajukan saja proposalnya. kita juga akan koordinasi dengan pimpinan,” kata Dwijayanto.

Sementara ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting, menjelaskan pihak kemenpora siap membantu kembali pengadaan peralatan latihan sejumlah cabang olahraga. Seperti cabang angkat berat yang dari hasil peninjauan mereka memang masih butuh bantuan peralatan yang sesuai standar.

Baca Juga
Baca Juga

“Mereka siap membantu sesuai dengan kebutuhan kita saat ini. Seperti di angkat berat sangat membutuhkan, karena alat yang ada saat ini sangat kurang. Karena ini sangat baik untuk menyokong prestasinya. Termasuk penyediaan kursi roda untuk tenis lapangan,” kata Alan.

Alan berharap komitmen kemenpora dalam mendukung pengadaan peralatan latihan bisa memotivasi dan memacu semangat mereka untuk mempersembahkan prestasi terbaik di ajang nasional maupun internasional. Mulai dari ajang Peparnas, ASEAN Para Games hingga Paralimpik 2021 Tokyo.

“Kita sangat bangga dan senang karena apa yang menjadi harapan kita mereka merespon. harapannya dengan perhatian dari kemenpora ini atlet lebih semangat dan termotivasi untuk bisa mengejar target jangka panjang menuju Peparnas 2024 dan jangka pendek menuju Peparnas 2021 dan ajang ASEAN Para Games di Vietnam,” pungkas Alan.

Usai tiba di sekretariat NPC Sumut, rombongan Kemenpora juga turut meninjau langsung proses latihan beberapa cabang olahraga. Seperti bola voli duduk, tenis meja, catur, angkat berat, judo, dan panahan yang dipusatkan di kantor NPC Sumut karena pandemi Covid-19.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)ASEAN Para GamesDispora Sumatera Utara (Sumut)Zainudin Amali

Berita Terkini