x

Kaleidoskop Kelam 2020: Kobe Bryant dan Para Atlet Dunia yang Wafat Sepanjang Tahun

Rabu, 30 Desember 2020 11:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Kobe Bryant dan Para Atlet Dunia yang Wafat Sepanjang Tahun 2020

INDOSPORT.COM - Termasuk Kobe Bryant, berikut para atlet Tanah Air dan dunia yang wafat di 2020, sekaligus melengkapi daftar kaleidoskop kelam sepanjang tahun ini. Siapa sajakah mereka?

Pada tahun 2020, bisa dikatakan sebagai periode duka bagi seluruh pelaku olahraga. Dampak dari pandemi virus corona di semua negara, membuat banyak ajang olahraga harus tertunda bahkan dibatalkan.

Selain tertundanya beberapa event besar, banyaknya para atlet Tanah Air hingga yang meninggal juga semakin membuat kelam kalender di tahun 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Paling anyar dan masih diingat, tentu kepergian sang legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona yang menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (25/11/20).

Melansir dari laman setempat, Diego Maradona meninggal akibat Hematoma subdural yakni penggumpalan darah di permukaan otak, tepatnya di antara dua lapisan pelindung otak (duramater dan arachnoid). Penyebab gumpalan darah biasanya muncul akibat benturan atau pukulan keras di kepala.

Akibat berita duka ini, seluruh elemen pun sepak bola pun memberikan penghormatan tinggi untuk Diego Maradona. Salah satunya yang dilakukan Napoli, mantan klub yang pernah diperkuat sang legenda tersebut memutuskan mengganti nama stadion Diego Armando Maradona Stadium untuk menghormati jasanya.

Tak cuma Maradona, terdapat beberapa atlet Tanah Air dan dunia lain yang juga wafat sepanjang tahun 2020 ini. Lantas siapa sajakah mereka?

Untuk mengenang serta menghormati para atlet tersebut, berikut INDOSPORT coba rangkum serta menulisnya.

Januari-April

Di awal tahun 2020, dunia langsung dikejutkan dengan wafatnya pebasket asal Amerika Serikat, Kobe Bryant pada Senin (27/01/20) dini hari WIB.

Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California. Kobe Bryant merupakan salah satu dari 4 penumpang yang sedang dalam perjalanan menggunakan helikopter pribadinya yang terbakar saat melewati Calabasas, California.

Tak berselang beberapa pekan, dunia olahraga kembali berduka dan kali ini datang dari Tanah Air. Legenda sekaligus pahlawan bulutangkis putri Indonesia, Tati Sumirah harus menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit kadar gula darah tinggi dan permasalahan pada paru-paru.

Peraih Piala Uber 1975 tersebut, wafat pada usia 68 tahun di RSUP Persahabatan, Jakarta pada 13 Februari 2020.

Baca Juga
Baca Juga

1. Mei-Agustus

Pelatih Abdulmanap Nurmagomedov (ayah-kiri) dan petarung MMA Khabib Nurmagomedov (anak-kanan).

Di Mei hingga Agustus, cukup banyak kabar duka yang melanda dunia olahraga. Salah satu yang paling ramai diperbincangkan adalah wafatnya Abdul Manap Nurmagomedov, ayah sekaligus pelatih dari juara UFC, Khabib Nurmagomedov.

Abdul Manap meninggal pada 3 Juli 2020, tepatnya di Moskow, Rusia. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Abdul Manap sempat berjuang melawan pneumonia yang disebabkan oleh Covid-19.

Sementara dari Tanah Air, klub Persija kembali dirundung pilu setelah salah satu mantan asisten pelatihnya Satia Bagdja meninggal pada 3 Agustus 2020.

Satia Bagdja yang pernah menukangi Timnas Putri Indonesia, wafat di usia 60 tahun dan sempat terkonfirmasi positif Covid-19.

Jerry Sloan (22 Mei/Legenda NBA)

Hana Kimura (23 Mei/Pegulat Berdarah Indonesia)

Carlo Ubbiali (2 Juni/Legenda MotoGP)

Mulyadi Wibowo (16 Juni/Mantan Pemain PSIM)

Abdulmanap Nurmagomedov (3 Juli/Pelatih MMA)

Ramesh Tikaram (16 Juli/Para-Bulutangkis India)

Satia Bagdja (3 Agustus/Pelatih Timnas Putri Indonesia)

I Made Abdi Pramana (6 Agustus/Pemain Bali United U-16)

Henk Wullems (15 Augustus/Mantan Pelatih Timnas Indonesia)

Edwin Daud (15 Agustus/Mantan Pemain PSMS)


2. September-Desember

Ricky Yacobi, berseragam timnas Indonesia.

Di pengujung 2020, duka dunia olahraga seolah tak berhenti malah makin menyisakan pilu mendalam. Silih berganti di hampir tiap pekan, media olahraga dikejutkan dengan kabar kelam dari para atlet yang harus menghembuskan nafas terakhir.

Di mulai dari cerita Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia yang wafat pada 7 September. Pelatih asal Austria tersebut meninggal di usia 70 tahun, setelah sebelumnya berjuang melawan penyakit kanker.

Selain itu, para penggemar sepak bola Tanah Air juga harus menerima kabar duka setelah salah satu legenda timnas Indonesia dan mantan pemain Arseto Solo, Ricky Yacobi meninggal dunia di usia 57 tahun.

Ricky Yacobi meninggal pada Sabtu (21/11/20) pagi WIB. Dia diduga mengalami serangan jantung saat sedang bermain sepakbola bersama beberapa mantan pemain asal Medan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

Diego MaradonaKobe BryantRicky YacobiAtletAtlet Nasional IndonesiaKhabib Nurmagomedov

Berita Terkini