x

Vidya Rafika, Atlet Menembak Pertama Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Tokyo

Kamis, 1 Juli 2021 13:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:

INDOSPORT.COMVidya Rafika Rahmatan Toyyiba menjadi satu-satunya atlet menembak pertama Indonesia yang lolos ke ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Vidya Rafika tentu memiliki kemampuan menembak yang apik, sehingga membuat ia menjadi salah satu dari 28 wakil Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 pada 24 Juli – 8 Agustus mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Ia bahkan mampu mencetatkan sejarah baru dalam cabang olahraga (cabor) menembak. Sebab sebelumnya tak ada penembak Indonesia yang mampu lolos Olimpiade, dan biasanya hanya mendapatkan jatah wildcard.

Atlet muda yang kini berusia 20 tahun itu bahkan sudah mengamankan tiket menuju Olimpiade kategori nomor 10 meter Rifle Women, karena catatannya di ajang Asian Shooting Championship 2019 di Doha saat berusia 18 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu Vidya Rafika hanya mampu berada di posisi ke-14 di babak kualifikasi. Namun ia berhasil melampaui skor kualifikasi Olimpiade yakni 625 yang telah ditetapkan oleh Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF).

Skor yang mampu dikumpulkan oleh Vidya saat itu ialah 625,4 poin. Maka Vidya lolos kualifikasi Olimpiade, sekaligus menjadi satu-satunya wakil Indonesia setelah selama empat periode selalu absen mengirim wakilnya di cabor tersebut.


1. Target Vidya Rafika di Olimpiade Tokyo

Atlet menembak putri Indonesia, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba.

Melansir dari laman Antara, Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indones (PB Perbakin) telah mencanangkan target Vidya Rafika bisa menembus babak final di Olimpiade Tokyo 2020.

Firtian Judiswandarta selaku PB Perbakin mengatakan target itu sudah sesuai dengan perhitungan skor yang dicatatkan oleh Vidya dalam sesi latihan, dan bisa bersaing dengan skor penembak kelas dunia.

Vidya Rafika sendiri merupakan atlet menembak yang memliki sederet prestasi, salah satunya ialah peraih medali emas di SEA Games 2019 dan medali perunggu kategori beregu 50 meter rifle three positions putri di ISSF World Cup 2021 di India.

Olimpiade Tokyo 2020MenembakBerita OlahragaBerita SportVidya Rafika

Berita Terkini