x

NOC Umumkan 2 Atlet Pembawa Bendera Indonesia di Opening Olimpiade

Jumat, 9 Juli 2021 12:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Logo Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia mengumumkan dua atlet yang akan menjadi pembawa bendera di sesi upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

NOC melalui akun Twitter-nya pada hari Kamis (08/08/21) menunjuk atlet selancar Rio Waida dan atlet angkat besi Nurul Akmal yang akan menjadi pembawa bendera putra dan putri.

Baca Juga
Baca Juga

Kedua atlet ini juga diumumkan sebagai pembawa bendera Indonesia dalam sesi jumpa pers online bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission, Rosan P Roeslani.

Rio Waida merupakan atlet selancar ombak. Dia memastikan lolos Olimpiade nomorshortboard putra setelah Asosiasi Selancar Internasional (ISA) mengumumkan pada Minggu (06/06/21).

Peselancar 21 tahun itu memastikan tiket Olimpiade Tokyo setelah dua peselancar Jepang, Shun Murakami dan Hiroto Ohhara, harus berebut satu slot tersisa pada hari terakhir Surf City El Salvador ISA World Surfing Games 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi yang akan turun pada cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas +87 kg di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Nurul Akmal sejatinya nyaris gagal lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, 23 Juli-8 Agustus 2021. Saat awal prakualifikasi, dia masuk 13 besar dan akhirnya mampu merangsek ke 6 besar .


1. Rio dan Akmal Dipilih Sebagai Pembawa Bendera Olimpiade Tokyo

Nurul Akmal (kiri) meraih medali perak di ajang Islamic Solidarity Games 2017.

Dipilihnya Rio dan Akmal sendiri sesuai dengan ketentuan baru yang ditetapan Komite Olahraga Internasional (IOC) tentang pembawa bendera kontingen.

Kontingen-kontingen nasional bisa menunjuk seorang atlet putra dan seorang atlet putri sebagai pembawa bendera pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu didasari antara lain oleh keseimbangan gender.

Di pesta olahraga multicabang empat tahunan ini, Indonesia akan mengirimkan 28 wakilnya yang terdiri dari 16 atlet putra dan 12 atlet putri. Mereka akan mengikuti di delapan cabor dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Adapun, jadwal pengiriman kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo akan dibagi menjadi 4 gelombang keberangkatan yang sudah dilaksanakan sejak hari Kamis kemarin.

OlimpiadeAngkat BesiSurfingKomite Olimpiade IndonesiaLiga IndonesiaOlimpiade Tokyo 2020Rio Waida

Berita Terkini