x

MSC, Venue Megah PON XX Hadiah dari PT Freeport

Sabtu, 14 Agustus 2021 20:40 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Venue bola basket di kawasan Mimika Sport Complex (MSC) untuk PON XX.

INDOSPORT.COM - Kesiapan klaster Mimika untuk menggelar 12 cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sudah sangat signifikan. Mimika memiliki 9 venue yang sudah siap untuk digunakan. Salah satunya adalah kawasan Mimika Sport Complex (MSC).

MSC merupakan kawasan olahraga yang dibangun oleh perusahaan tambang dunia, PT Freeport Indonesia, untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Bumi Papua, khususnya di klaster Mimika.

Secara fisik, kawasan MSC yang memiliki dua venue pertandingan yakni bola basket dan atletik itu sudah rampung 100 persen. Venue ini mulai dibangun sejak 2013 di atas lahan seluas 12,5 hektare milik Pemerintah Daerah Mimika.

External Affairs Manager MSC, Malik Aditya Lukito mengatakan kawasan MSC dibangun dengan menggunakan anggaran PT Freeport senilai 33 juta dollar Amerika Serikat atau kurang lebih setara dengan Rp490 miliar.

Baca Juga
Baca Juga

"MSC ini dibangun dengan dana kurang lebih 33 juta dollar atau setara dengan kurang lebih Rp490 miliar. Setahu saya awal pembangunannya ini dari tahun 2013 untuk ground breakingnya dan mulai start tahun 2014 dan selesai dibangun itu tahun 2016," kata Lukito kepada awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (14/8/21).

Saat ini, MSC sedang dalam masa pemeliharaan dan juga ada penambahan lintasan pemanasan untuk cabang olahraga atletik.

"Jadi mulai 2016 sampai dengan sekarang itu maintenance masih ditangani oleh PT FI. Sambil menunggu persiapan Pemda untuk diserahterimakan. Kalau untuk penambahan, sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Technical Delegate," jelasnya.


1. Spesifikasi

Venue atletik dalam kawasan Mimika Sport Complex (MSC).

Mimika Sport Complex memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan venue serupa di wilayah Indonesia lainnya. Selain keberadaan venue basket dan atletik, kawasan ini juga dilengkapi dengan mess atlet.

"Kelebihan MSC sendiri itu ada tiga fasilitas utama yakni venue indoor (basket), outdoor (atletik) dan kemudian ada fasilitas asrama atlet yang bisa menampung 100 atlet," kata Lukito.

Lukito mengungkapkan untuk venue basket bisa menampung sebanyak 5.500 penonton dan lapangan latihannya menggunakan lantai parket.

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk venue indoor MSC nanti itu hanya akan digunakan cabor bola basket, kapasitasnya itu bisa menampung 5.500 penonton," jelasnya.

Sementara untuk venue atletik, Lukito membeberkan jika venue tersebut sudah mengantongi sertifikat internasional dari federasi atletik dunia.

"Untuk yang outdoor ini atau venue atletik bisa menampung 3.500 penonton. Kalau kelebihannya itu, stadion atletik ini salah satu venue di Indonesia timur yang sudah bersertifikat kelas dunia. PT Fl membangun MSC ini dengan tujuan untuk mendukung aktivitas olahraga di Papua khususnya di Mimika," pungkasnya.

BasketPON XX 2020Koni PapuaPON Papua

Berita Terkini