x

Penemuan Kasus Covid-19 di PON XX Papua, 29 Orang Terpapar Virus

Rabu, 6 Oktober 2021 09:24 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
PON XX Papua 2021 diwarnai kabar 29 orang positif Covid-19.

INDOSPORT.COM – Satgas Pencegahan dan Penanganan (SGPP) Covid-19 menemukan saat ini ada 29 kasus positif di empat klaster PON XX Papua 2021.

Melansir Antara, Juru Bicara SGPP dr.Silwanus Sumule mengakui bahwa ke-29 orang telah terpapar virus Covid-19 yang terdiri dari atlet, ofisial, dan panitia pelaksana (panpel).

Rincian kasusnya ditemukan sebelum pembukaan pertandingan cabang olahraga PON XX Papua, yaitu 13 orang di Timika, 7 orang di Kabupaten Jayapura, 6 orang di Kota Jayapura, dan 3 orang dari Merauke.

29 orang tersebut dinyatakan positif tanpa gejala, dan telah menerima vaksin sebelum menyatakan partisipasinya di PON XX Papua.

“Seluruhnya sudah di vaksin di daerahnya sebelum datang ke Papua untuk mengikuti PON XX Papua. Karena sudah divaksin, walaupun mereka (dinyatakan positif) tetapi tidak bergejala,” sambung Silwanus Sumule.

Baca Juga
Baca Juga

Diketahui, Pekan Olahraga Nasional telah tertunda setahun pelaksanaannya karena gejolak pandemi. Hingga akhirnya keputusan presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 sebagai jadwal baru pelaksanaan PON.

Dari 37 cabang olahraga akan dilakukan di empat klaster, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Sebagai tuan rumah, Papua optimistis bahwa multi event tersebut bisa terselenggara dengan aman meski di tengah pandemi yang belum usai.

Baca Juga
Baca Juga

Upaya-upaya telah dilakukan seperti percepatan vaksinasi (kontingen, panitia, dan masyarakat sekitar venue), hingga adanya pelatihan untuk tenaga kesehatan khusus yang bertugas mengawal PON.

Namun virus menular itu pun tak bisa diprediksi kapan datangnya. Hingga akhirnya 29 kasus positif Covid-19 ditemukan, dengan harapan tidak ada penambahan baru.

Karena hal itu, seluruh atlet, ofisial, hingga panpel yang terkonfirmasi Covid-19 sudah langsung dilakukan penanganan dengan menyediakan tempat isolasi di pemerintah daerah setempat.


1. Para Atlet Dikarantina Khusus

PON XX Papua 2021 diwarnai kabar 29 orang positif Covid-19.

Para atlet yang positif Covid-19 saat ini dirawat dikarantina secara khusus di  pusat terapung KM Tidar dan RS Provita. Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Nyoman Antari.

“Saat ini KM Tidar menangani tiga orang yang positif Covid-19 termasuk dua atlet yang mengikuti PON XX," kata dr. Nyoman Antari melansir Antara.

Dalam pernyataan yang lain, dr Nyoman Antari mengemukakan ada 6 atlet yang terpapar virus Covoid-19 bersaal dari DKI Jakarta 2 orang dan 1 orang dari Sumatera Utara, NTT, dan Kalimantan Timur.

PapuaMulti-EventVirus CoronaPON Papua

Berita Terkini