x

Jabar Juara Umum Disiplin Rowing Cabor Dayung PON XX Papua

Jumat, 8 Oktober 2021 16:35 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Pedayung Jabar di nomor M4X putra meraih medali emas rowing PON XX Papua.

INDOSPORT.COM - Tim dayung rowing Jawa Barat memastikan diri sebagai juara umum disiplin rowing cabang olahraga dayung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan menggondol sebanyak 6 medali emas.

Kontingen Jawa Barat kembali menambah pundi medali emasnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, usai menyikat 6 medali emas dari 8 nomor final di hari kedua atau hari terakhir disiplin rowing cabang olahraga dayung, yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Jumat (08/10/21). 

Di nomor lightweight double sculls putri (LW2X), pasangan Syiva Lisdiana / Melani Putri berhasil finis tercepat dengan catatan waktu 7:29.565 detik. Di nomor lightweight single sculls putra (LM1X), Kakan Kusmana juga mencapai finis duluan dengan catatan waktu 7:11.761 detik. Nomor coxless pairs putra (M2-) pasangan Ferdiansyah / Denri Maulidzar Al Ghiffari mencatatkan waktu 06:55.839 detik. 

Baca Juga
Baca Juga

Nomor (M4X) putra, pedayung Jabar finis dengan catatan waktu 06:03.608 detik. Nomor double sculls putri (W2X) pasangan Syiva Lisdiana / melani putri mencatatkan waktu 7:24.678 detik. Dan nomor terakhir coxed eight (M8+) putra, Jabar melengkapi emas keenamnya di final hari kedua dengan catatan waktu 05:47.262 detik.

Di final hari pertama kemarin, Jawa Barat meraih 1 medali emas dari nomor quadruple sculls (W4X) putri atas nama Melani Putri, Anggi Widiarti, Nadia Izati Nastasya, dan Syiva Lisdiana. Quartet atlet dayung Jabar itu berhasil mencatatkan waktu terbaik 7:09.112 detik.


1. Juara Umum dengan 7 Emas

Pedayung Jabar di nomor M4X putra meraih medali emas rowing PON XX Papua.
Baca Juga
Baca Juga

Dengan raihan tersebut, Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara umum disiplin rowing dengan mengumpulkan 7 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. 

"Hasilnya sudah sesuai dengan prediksi kita juga, kemarin di PON XIX tahun 2016 kita bisa dapat 8 medali emas. Dan sekarang kita bisa dapat 7 medali emas, tapi ini sudah cukup memuaskan karena memang sesuai target kita," ujar Sjafril pelatih kepala tim dayung Jawa Barat.

Dari 8 nomor yang diperlombakan, 2 nomor diantaranya yakni W4- putri medali emas disabet pedayung Sulawesi Tenggara, Julianti / Aulia Galib dengan catatan waktu 
6:52.759 detik. Dan nomor single sculls (M1X) putra, raja rowing La Memo dari Maluku merebut medali emas dengan catatan waktu 7:04.681 detik. 

Sementara Maluku menempel diperingkat kedua dengan raihan 3 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu. Sulawesi Tenggara berada diperingkat ketiga dengan perolehan 3 emas dan 1 perunggu. Sedangkan, tuan rumah Papua hanya bisa mendapatkan 1 medali perunggu dari 15 nomor perlombaan disiplin rowing.

Jawa BaratPapuaDayungPON XX 2020PON Papua

Berita Terkini