x

Ngeyel Soal Program Anti-Doping, Indonesia Terancam Sanksi Serius

Jumat, 8 Oktober 2021 13:33 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Badan Anti-Doping Dunia WADA

INDOSPORT.COM - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyatakan Indonesia tidak patuh terhadap aturan program pengujian yang efektif. Akibatnya ada sanksi serius yang menanti.

Selain Indonesia, Korea Utara dan Thailand juga mendapatkan teguran yang sama dari WADA. Kini ketiga negara itu dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk diberikan hak menjadi tuan rumah dalam kejuaraan regional, kontinental, serta dunia.

Sanksi tersebut harus dipatuhi selama penangguhan sampai negara tersebut dipulihkan untuk jangka waktu satu tahun atau lebih.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu perwakilan dari negara juga tidak bisa duduk sebagai anggota dewan komite. Meski demikian, atlet dari ketiga negara masih diizinkan untuk bersaing di berbagai kejuaraan baik regional, kontinental, dan dunia.

Akan tetapi bendera nasional mereka tidak akan dikibarkan selain di ajang Olimpiade. WADA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Badan Anti-Doping Nasional (NADO) Korea Utara dan Indonesia dinyatakan tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, ketidakpatuhan Thailand berasal dari kegagalan untuk sepenuhnya menerapkan Kode Anti-Doping 2021. Teguran dari WADA bisa berdampak pada sejumlah kompetisi yang akan segera berlangsung di ketiga negara tersebut.

Indonesia diagendakan akan menjadi tuan rumah dari berbagai kompetisi besar seperti Piala Dunia U-20 2023, MotoGP 2022, Indonesia Open, Indonesia Masters, BWF World Tour Finals, dan masih banyak lagi.


1. Bagaimana Nasib Berbagai Ajang yang akan Dilangsungkan di Indonesia?

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Untuk pertama kalinya Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ajang bergengsi itu sejatinya akan dilangsungkan pada tahun ini.

Akan tetapi situasi pandemi virus corona membuat ajang lima tahunan tersebut harus ditunda. Kini agenda Piala Dunia U-20 2023 bisa jadi berantakan setelah Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA.

Para pecinta MotoGP pun akan ikut kecewa lantaran tes pramusim dan seri balap di Sirkuit Mandalika kini nasibnya dipertanyakan. Pulau Dewata Bali pun sejatinya sudah bersiap menjadi tuan rumah dari rangkaian turnamen bulutangkis Indonesia Open, Indonesia Masters, dan BWF World Tour Finals.

IndonesiaWorld Anti-Doping Agency (WADA)

Berita Terkini