x

Terancam Sanksi Wada, 3 Hajatan Olahraga Ini Bisa Batal Digelar di Indonesia

Jumat, 8 Oktober 2021 15:22 WIB
Editor: Juni Adi
Logo MotoGP, FIBA dan Piala Dunia U-20

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang bagi dunia olahraga Tanah Air, dimana Badan Anti-Doping Dunia (WADA) baru-baru ini menyatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak patuh terhadap penerapan program uji doping bagi atlet.

Indonesia tidak sendiri, ada dua negara lain yang masuk dalam daftar WADA terkait masalah ini yakni Korea Utara dan Thailand.

Jika masalah ini terus berlanjut, maka Indonesia terancam mendapat sanksi WADA. Sanksi tersebut berupa larangan mengibarkan bendera Merah Putih dalam sebuah acara olahraga dunia salah satunya Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya itu, Indonesia juga terancam tidak bisa menggelar beberapa event olahraga kelas dunia di Tanah Air hingga kurun waktu tertentu.

"Atlet dari ketiga negara akan diizinkan bersaing di kejuaraan regional, kontinental dan dunia tetapi bendera nasional mereka tidak akan dikibarkan selain di Olimpiade."

"WADA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Badan Anti-Doping Nasional (NADO) Korea Utara dan Indonesia dinyatakan tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif. Ketidak patuhan Thailand berasal dari kegagalan untuk menerapkan Kode Anti-Doping 2021," dikutip dari Reuters.

Selain itu perwakilan-perwakilan dari Indonesia, Korea Utara, dan Thailand juga tidak memenuhi syarat menempati posisi sebagai anggota dewan di dalam sebuah komite sampai ada pemulihan status dalam jangka waktu satu tahun atau lebih.

Ancaman sanksi ini tentu akan merugikan bagi Indonesia mengingat dalam tahun-tahun ke depan akan digelar beberapa event olahraga besar di Tanah Air.

Lantas event olahraga apa saja yang terancam batal karena laporan WADA ini? berikut ulasannya:


1. 1. MotoGP

Logo MotoGP.

Setelah sempat ditunda akibat belum rampungnya venue Sirkuit Mandalika, mulai tahun depan MotoGP resmi bisa digelar di Indonesia mulai 20 Maret 2022 mendatang. 

Bahkan pihak MotoGP sudah memasukan GP Indonesia dalam kalender MotoGP 2022. Usai balapan dari Asia, MotoGP akan menuju Benua Amerika.

Wacana menggelar MotoGP di Indonesia sendiri sudah muncul sejak tahun 2015 lalu. Saat itu Sirkuit Sentul City di Bogor, sempat ingin dijadikan kembali menjadi venue. Namun pihak Dorna menyatkan tidak lolos kualifikasi.

Baca Juga
Baca Juga

Jika ancaman sanksi WADA benar diterima oleh Indonesia, maka mimpi publik Tanah Air melihat para pembalap motor terbaik di dunia hanya akan kembali menjadi mimpi.

2. Tuan Rumah Piala Asia dan Dunia Basket

Selain MotoGP, Indonesia akan menggelar turnamen basket dalam dua tahun berturut-turut yakni Piala Asia Basket 2022 dan Piala Dunia Basket 2023.

Untuk Piala Dunia Basket 2023, Indonesia bersama Jepang dan Filipina terpilih menjadi tuan rumah bersama. Pemerintah bahkan sudah berencana membangun venue yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) sebagai persiapan ajang ini. 

Dua turnamen basket bergengsi tersebut bisa batal jika penangguhan dari WADA ini berlaku mulai tahun depan.

Baca Juga
Baca Juga

3. Piala Dunia U-20

Pemerintah sudah membangun beberapa infrastruktur untuk menunjang ajang Piala Dunia U-20. Baik itu yang berupa stadion ataupun tempat latihan di beberapa kota penyelenggara.

Seperti di Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Gianyar, dan Palembang. Bergulirnya liga domestik tahun ini disebut-sebut juga sebagai bagian dari persiapan jadi tuan rumah ajang tersebut. 

MotoGPPiala Dunia U-20TRIVIAMotoGP 2021Piala Dunia Basket 2023

Berita Terkini