x

Selevel di Atas Elkan Baggott, Wonderkid Inggris-Jamaika Siap Perkuat Malaysia di SEA Games?

Minggu, 17 April 2022 20:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Kobe Jae Chong yang merupakan penggawa akademi Peterborough United di Championship mendeklarasikan diri siap memperkuat Timnas Malaysia di ajang internasional.

INDOSPORT.COM - Tim nasional Malaysia mendapat lampu hijau untuk memanggil wonderkid blasteran mereka, Kobe Jae Chong, atas keinginan sang pemain sendiri.

Lahir di Birmingham, Inggris, dari orang tua yang masih memiliki darah Malaysia dan Jamaika, Chong sebenarnya punya hak untuk membela ketiga negara tersebut.

Baca Juga

Hanya saja hatinya lebih terpatri pada Malaysia yang juga menjadi negara sebagian besar famili terdekatnya.

Chong saat ini merumput bersama akademi klub divisi Championship yakni Peterborough United. ia terbilang pemain yang fleksibel karena bisa ditempatkan di banyak posisi lini sentral.

Pada usianya yang baru 20 tahun, Chong sebenarnya sudah sempat akan dipanggil oleh timnas Malaysia senior kala kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia masih berjalan.

Baca Juga

Hanya saja karena terhalang regulasi penanggulangan Covid-19 Inggris yang ketat kala itu, ia batal bergabung dalam pemusatan latihan Harimau Malaya.

Akan tetapi, Chong dengan sabar menanti kesempatan berikutnya. Jika federasi dan pelatih mengizinkan, ia sangat ingin bisa mengenakan seragam Timnas Malaysia.

"Sudah pasti sayang ingin membela Malaysia dan membuat keluarga saya bangga. Seharusnya awal tahun ini saya sudah mengikuti latihan bersama," beber Kobe Jae Chong seperti yang dilansir oleh Vocket FC.

Baca Juga

"Pada musim panas nanti sayang ingin mengunjungi Malaysia. Mengenali lebih jauh negara yang akan saya bela adalah kewajiban,"

"FAM sudah memberi saya kabar jika nantinya akan ada panggilan lagi. Biar waktu yang menjawab," tambah pemain yang juga sempat mengenyam pendidikan di Italia bersama Cagliari itu.


1. Harusnya Bisa Ikuti SEA Games 2021

Logo Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Mengingat usianya baru 20 tahun, Kobe Jae Chong sebenarnya masih bisa dipanggil ke dalam skuat Malaysia U-23 yang berkompetisi di SEA Games 2021 mendatang.

Hal tersebut bukanlah kemustahilan mengingat nakhoda Harimau Muda, Brad Maloney, pernah menyampaikan jika ia membuka pintu untuk pemain mana pun untuk berada di timnya.

Baca Juga

Hanya saja entah kenapa nama Chong tidak dalam dalam daftar 31 pemain yang dipanggil Maloney untuk bergabung dengan pemusatan latihannya pada Minggu (16/04/22) lalu.

Sebagian besar pemain-pemain yang diberi surat undangan adalah produk klub-klub lokal Malaysia seperti Selangor (11 wakil), Terengganu (9 wakil), dan tentu saja Johor Darul Ta'zim (4 wakil).

Hanya ada dua pemain yang dipanggil saat memperkuat kesebelasan asing yakni Luqman Hakim (Kortrijk/Belgia) dan Hadi Fayyadh (Azul Claro Numazu/Jepang).

Baca Juga

Padahal jika Chong dipanggil oleh Malaysia, maka level cabang olahraga di SEA Games nanti akan semakin meningkat dengan semakin banyaknya talenta yang menembus level Eropa.

Contohnya saja Elkan Baggott yang diprediksi akan memperkuat timnas Indonesia U-23 setelah sebelumnya sudah memeiliki caps di jenjang senior.

Layaknya Chong, Elkan juga berkarier di Inggris namun bersama dengan klub yang kastanya lebih rendah yakni Ipswich Town dari League One.

Baca Juga

Hanya saja Elkan sudah mendapatkan debut liganya bersama The Town pada Minggu (16/04/22) lalu sementara Chong yang setahun lebih tua masih belum mendapat kesempatan spesial tersebut.

Kobe Jae Chong mungkin saat ini memang masih berhalangan untuk dipanggil oleh Malaysia atau justru sebaliknya namun yang jelas SEA Games 2021 bukan satu-satunya kesempatan untuknya memperkuat Harimau Malaya.


2. Vietnam Diuntungkan Jadwal SEA Games

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sebagai penyelenggara SEA Games 2021 nanti, Vietnam jelas akan punya banyak keuntungan termasuk dalam cabang olahraga sepak bola.

Kesebelasan tuan rumah dipercaya mendapatkan jadwal yang lebih memudahkan sementara itu favorit peraih emas lain, timnas Indonesia U-23, justru dirugikan.

Klaim ini dibuat oleh media asal Vietnam, Zing News, yang merasa jika panitia memberikan waktu bertanding yang lebih ideal untuk skuat The Golden Star Warriors belia.

Vietnam U-23 akan menghadapi timnas Indonesia U-23 di partai pembuka Grup A pada 6 Mei 2022 dan dua hari kemudian bermain lagi dengan Filipina U-23.

Anak-anak asuhan Park Hang-seo baru akan merumput lima hari kemudian di tanggal 13 Mei untuk berjumpa dengan Myanmar dan dua hari berselang menutup fase grup dengan meladeni Timor Leste.

Baca selengkapnya: SEA Games 2021: Vietnam Dapat Keuntungan, Timnas Indonesia U-23 Malah Dirugikan

SEA GamesChampionship DivisionTimnas Malaysia U-23Ipswich TownBola InternasionalTimnas MalaysiaChampionshipPeterboroughElkan BaggottSEA Games 2021Brad Maloney

Berita Terkini