x

Sutjiati Narendra Tak Bisa Wakili Indonesia di SEA Games, Deddy Corbuzier Ikut Geram

Rabu, 20 April 2022 15:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pesenam ritmik, Sutjiati Narendra. Foto: Instagram@sutji.ritma

INDOSPORT.COM – Pesenam kelahiran Amerika yang membela Timnas Indonesia, Sutjiati Narendra, baru-baru ini menyerukan kekesalahannya karena tidak bisa tampil di SEA Games. Hal ini membuat presenter kondang Deddy Corbuzier ikut geram.

Pesenam yang memiliki nama lengkap Sutjiati Kelanaritma Narendra menulis surat terbuka lewat akun Instagram-nya pada hari setelah dipastikan tidak dikirim ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Baca Juga

Seperti diketahui, Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) hanya memberangkatkan atlet dari 32 cabang olahraga ke SEA Games 2021, dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah cabor yang dipilih berpotensi mendulang medal.

Ada sekitar 18 cabor SEA Games  yang ternyata tidak masuk prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), salah satunya cabor yang digeluti Sutjiati, yakni senam ritmik.

Keputusan Kemenpora ini membuat Sutjiati kecewa. Pasalnya, dirinya sudah berkorban menanggalkan kewarganegaraan Amerika demi totalitas mewakili Indonesia di turnamen internasional.

Baca Juga

Peraih dua medali emas PON Papua 2020 itu pun terpaksa mengubur impiannya tampil di SEA Games. Padahal, tahun-tahun emasnya sebagai pesenam sudah hampir habis.

Dalam surat terbukanya, Sutjiati menceritakan kronologi dirinya memutuskan membela Indonesia. Dia rela meninggalkan tim Olimpiade Amerika yang faktanya punya fasilitas lengkap dan canggih.

Di akhir, dia menyerukan perlunya merekonstruksi sistem organisasi olahraganya. Menurutnya, jika Indonesia ingin mencetak atlet elite sekelas internasional, program jangka panjang harus jadi prioritas.

Baca Juga

Curhatan atlet yang baru berusia 18 tahun ini nampaknya memancing Deddy Corbuzier ikut mengeluarkan komentas pedasnya.


1. Deddy Corbuzier Ikut Geram Sutjiati Narendra Tidak Bisa ke SEA Games 2021

Sutjiati Narendra dan Deddy Corbuzier. Foto: Instagram@sutji.ritma

Deddy Corbuzier terlihat sangat geram melihat nasib Sutjiati yang tidak bisa ke SEA Games. Dia pun menyindir pemerintah yang seolah-olah mengabaikan atletnya yang sangat berprestasi ini.

Sampai-sampai, ayah dari Azka Corbuzier ini menawarkan dukungan pendanaan kepada Sutjiati demi sang atlet bisa tetap berangkat ke SEA Games.

Baca Juga

 “Kalau udah saya Gas… Masih dicuekin, ya udahlah ya… keluar aja. Sini gue yang urus, gue yang biayain… beres,” tulis Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier ikut geram Sutjiati Narendra Tak bisa ke SEA games. Instagram@sutji.ritma

Deddy Corbuzier sendiri memang cukup mengenal sosok Sutjiati karena beberapa waktu lalu sang atlet diundang hadir ke acara podcast YouTube yang dia bawakan.

Baca Juga

Lewat podcast tersebut, Deddy Corbuzier menonjolkan sosok Sutjiati yang sudah ditinggalkan oleh Indonesia padahal sudah diberi janji-janji manis.

Sutjiati sendiri memulai senam ritmik pada usia delapan tahun, dan ia telah terpilih untuk bergabung dengan Pasukan Elite AS di usia 11 tahun.

Baca Juga

Sutjiati bahkan sempat dipilih untuk mewakili tim nasional junior AS di kompetisi internasional oleh USA Gymnastics pada tahun 2018.


2. Sutjiati Narendra Korban Janji Manis Pemerintah

Pesenam ritmik, Sutjiati Narendra. Foto: Instagram@sutji.ritma

Meski demikian, Sutjiati tinggal di Indonesia sejak tahun 2018 dan pindah dari Amerika Serikat ke Lampung atas panggilan Presiden Joko Widodo.

Saat itu, Presiden Jokowi meminta anak- anak muda dengan kewarganegaraan ganda pulang ke Tanah Air untuk ikut membangun bangsa.

Di Indonesia, Sutjiati dibimbing oleh pelatih bernama Yulianti dan Rinawati. Namun, dia kesulitan bertanding di level internasional karena ruang geraknya seolah-olah dibatasi.

Sutjiati juga sempat diminta mencari sponsor sendiri untuk membiayainya ke turnamen internasional karena terbatasnya anggaran dan kurangnya struktur organisasi yang efisien.

Baca Selengkapnya: Pengakuan Sutjiati Narendra, Pilih Lepas Tim AS Demi Bela Indonesia

SEA GamesSenamDeddy CorbuzierBerita OlahragaSEA Games 2021Sutjiati Narendra

Berita Terkini