x

SEA Games: Hati-Hati Indonesia! Filipina Targetkan Hujan Emas di Cabang Esports

Jumat, 13 Mei 2022 14:20 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Prio Hari Kristanto
Langkah Indonesia untuk merealisasikan target medali emas di cabor esports tak akan mudah, sebab Filipina juga memasang target tinggi di SEA Games kali ini.

INDOSPORT.COM - SEA Games 2021 resmi dimulai pada hari Kamis (12/05/22). Negara-negara Asia Tenggara akan memperebutkan medali emas di berbagai cabang olahraga.

Salah satu cabang yang terbilang baru di SEA Games adalah esports atau olahraga elektronik. Indonesia sendiri telah mempersiapkan atlet esports melalui pelatnas yang digelar bulan lalu.

Baca Juga

Pengurus Besar Esports Indonesia atau PB ESI telah menarget enam medali emas di SEA Games kali ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bambang Sunarwibowo selaku Ketua Harian.

"Kami optimistis bisa meraih enam medali emas. Peningkatan target ini kami umumkan berdasarkan analisis tim pelatih saat memilhat progres atlet di seleksi pelatnas tahap dua" ungkap Bambang.

"Sebab mereka yang tahu pasti setelah melihat pertandingan, uji coba dengan beberapa negara dan hasilnya ada peningkatan kemampuan tambahnya.

Baca Juga

Indonesia telah mengirimkan 38 atlet esports terbaik ke SEA Games Vietnam. Mereka akan bertarung di beberapa nomor pertandingan seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, FIFA Online dan masih banyak lagi.

Namun langkah Indonesia untuk merealisasikan target tersebut tak akan mudah. Sebab Filipina juga mengumumkan hal yang sama dengan tim Garuda.

Yu Jacob yang merupakan Sekretaris Jendral Philippine Electronic Sports Organization mengumumkan optimisme yang tinggi di SEA Games kali ini.

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa Filipina menargetkan lebih dari 5 emas di SEA Games Vietnam. Bukan tanpa alasan, Filipina merupakan negara yang mendapatkan emas paling banyak di SEA Games 2019.

Jika dillihat dari persiapan, performa atlet dan pencapaian SEA Games sebelumnya, Filipina dan Thailand akan jadi momok terbesar bagi Timnas Indonesia.


1. Platform Siaran Langsung Cabor Esports di SEA Games 2021

Ketua Harian Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo.

Jadwal pertandingan cabor esport di SEA Games 2021 telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Nomor Free Fire akan jadi pertandingan pembuka untuk cabor esport pada hari ini pukul 16.30 WIB.

Kemudian disusul dengan pertandingan FIFA Online 4 pada hari Sabtu (14/5/22). Sementara untuk dua cabang esport populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile akan digelar di hari-hari terakhir SEA Games 2021.

Baca Juga

PUBG Mobile akan mulai dipertandingkan pada 18-20 Mei 2022 sementara Mobile Legends akan dimulai pada 21-22 Mei 2022. Pihak PB ESI juga memastikan bahwa beberapa platform bisa dimanfaatkan untuk menonton aksi para atlet secara langsung.

Misalnya untuk nomor Free Fire bisa disaksikan melalui kanal Youtube Free Fire Esports ID. Sedangkan untuk Mobile Legends, kanal Youtube MPL ID juga akan menayangkan pertandingan SEA Games 2021.

Para penikmat gim Mobile Legends akan melihat aksi menarik dari para pemain yang berisikan pemain-pemain Top MPL dari beberapa negara Asia Tenggara.

Baca Juga

Untuk gim PUBG Mobile nantinya akan disiarkan live streaming melalui kanal Youtube PUBG Mobile Indonesia yang juga merupakan platform resmi pro player PMPL ID.

Namun, untuk dua game PC yakni FIFA Online 4 dan Cross Fire masih belum diketahui dengan jelas akan disiarkan melalui platform streaming apa.

Gim mobile masih jadi daya tarik terkuat untuk penikmat esports Tanah Air. Kompetisinya juga terbilang lebih banyak dibandingkan ranah PC.

Baca Juga

Dengan demikian, tak heran apabila PB ESI juga menarget beberapa medali emas untuk nomor gim mobile. Nomor Free Fire, Mobile Legends dan PUBG Mobile sangat dihaharpak mendulang medali emas.

Namun nomor dari gim PC juga tak bisa diremehkan begitu saja, karena atlet yang dikirim ke Vietnam memang player terbaik Tanah Air. 


2. Timnas Basket Indonesia 3x3 Pede Rebut Medali

Logo Sea Games Vietnam.

Penggawa Timnas Basket 3x3 Indonesia, Jamarr Johnson menyebut persiapan tim sudah cukup maksimal untuk tampil di SEA Games 2021 Vietnam.

Pebasket Dewa United Surabaya itu pun optimistis Timnas bisa merealisasikan target medali emas SEA Games 2021 Vietnam.

Hal itu diungkapkan pebasket naturalisasi tersebut sesaat sebelum bertolak ke Vietnam, Rabu (11/05/22). Jamarr akan berjuang di Timnas 3x3 bersama Sandy Ibrahim, Suliyadin, dan Oki Wira Sanjaya.

"Persiapan kami sudah cukup maksimal. Kami juga sudah menjalani latihan intensif sebelum tiba di Vietnam dan sudah melakukan beberapa kali uji coba pertandingan," ucap Jamarr.

"Jadi tak ada alasan lagi bagi kami untuk tidak siap berjuang di SEA Games. Kami yakin dengan potensi yang dimiliki tim ini, apalagi tim ini merupakan peraih medali perak di SEA Games Filipina," lanjutnya.

Baca selengkapnya: SEA Games 2021: Persiapan Oke, Timnas Basket Indonesia 3x3 Pede Rebut Medali

eSportsBerita eSportsTimnas Indonesia EsportsSEA Games 2021

Berita Terkini