x

SEA Games 2021: Bantai Myanmar 6 Gol Tanpa Balas, Timnas Futsal Indonesia Kian Dekati Emas

Sabtu, 14 Mei 2022 17:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas futsal Indonesia meraih kemenangan pertama di SEA Games 2021 dengan membantai Myanmar 6-0 usai hanya berimbang 1-1 dengan Vietnam sebelumnya.

INDOSPORT.COM - Timnas futsal Indonesia mencatat kemenangan besar di partai kedua cabang olahraga futsal putra SEA Games 2021 melawan Myanmar dengan skor 6-0 pada Sabtu (14/05/22) ini. 

Ini adalah kemenangan pertama mereka di empat tahunan antar negara-negara Asia Tenggara tersebut setelah pada matchday pertama hanya berimbang 1-1 dengan tim tuan rumah, Vietnam.

Baca Juga

Sebenarnya Timnas Futsal Indonesia sempat kesulitan pada babak pertama menjebol pertahanan Myanmar yang terlampau rapat.

Anak-anak asuh pelatih Mohammad Hashemzadeh asal Iran hanya bisa unggul 1-0 lewat gol yang dicetak Ardiansyah Runtuboy.

Memasuki babak kedua, situasi mulai berubah. Timnas futsal Indonesia mulai bisa tampil cair dalam membongkar keuletan Myanmar.

Baca Juga

Hasilnya Muhammad Iqbal berhasil menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0. Gol ini tercipta lewat proses serangan balik cepat dan berkat assist daru Evan Soumilena, wing berusia 26 tahun itu sukses menjebol gawang lawan.

Syauqi Saud kemudian bertanggung jawab atas gol ketiga Merah-Putih. Bekerja sama dengan Runtuboy, Syauqi sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Setelah itu Evan mencetak gol keempat. Lewat tendangan bebas, pivot nomor satu Tim Garuda tersebut sukses 'mengadali' kiper Myanmar.

Baca Juga

Jelang laga berakhir, Ardiansyah Nur ikut mencetak gol untuk membawa timnas futsal Indonesia unggul 5-0. Lagi-lagi berkat kreasi Runtuboy, Ardiansyah dengan kaki kirinya tanpa kesulitan membuat jala gawang Myamnar kembali bergetar.

Pesta gol ditutup oleh Evan Soumilena yang mencetak gol keduanya. Ia melakukan tipuan, lalu melepaskan tendangan yang meluncur mulus ke gawang Myanmar.


1. Puncaki Perolehan Poin Sementara

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Timnas futsal Indonesia kini memuncaki klasemen dengan empat poin dari dua kali bertanding. Jika bisa bertahan di sana sampai kompetisi usai maka medali emas bisa dibawa pulang.

Karena hanya ada lima negara yang mengikuti cabor futsal putra di SEA Games 2021, maka kompetisi menggunakan format round robin seperti liga sepak bola biasa.

Baca Juga

Tiap tim akan diadu sekali dan yang mampu mengumpulkan poin paling banyak sekaligus selisih gol terbaik akan dianggap sebagai pemenang dan diberikan medali sesuai peringkatnya.

Mohammad Hashemzadeh cukup optimis dengan peluang anak-anak asuhnya untuk berjaya di SEA Games 2021.

Ini baru turnamen kedua sang juru taktik bersama timnas futsal Indonesia namun ia menunjukkan nada puas dengan pemainan sejauh ini.

Baca Juga

Setelah hanya menjadi runner-up di AFF Futsal Championship beberapa waktu lalu, Hashemzadeh jelas membidik perbaikan prestasi dan meraih emas di Vietnam bukan sebuah kemustahilan.

"Ini adalah pertandingan yang hebat. Saya puas dengan hasilnya," kata Mohammad Hashemzadeh pada Rabu (11/05/22) lalu.

"Ada banyak suporter Vietnam yang datang mendukung langsung di lapangan. Saya kagum dengan antusiasme suporter tuan rumah," tuturnya.

Baca Juga

"Pertandingan ini sangat berbeda dari AFF Futsal Championship kemarin. Vietnam jadi tuan rumah dan punya dukungan besar dari suporter," pungkas Hashemzadeh.

Timnas futsal Indonesia akan melakoni pertandingan ketiga kontra Malaysia pada Senin (16/05/22) mendatang. Sang rival bebuyutan belum pernah menang di SEA Games 2021 usai dibantai Thailand 2-6 di laga pembuka.


2. Dayung Kembali Sumbang Emas Indonesia di SEA Games 2021

Dayung Panen Medali, Tambah Dua Emas Lagi untuk Indonesia di SEA Games

Jumlah pundi-pundi medali Indonesia bertambah setelah cabang olahraga (cabor) dayung panen dua medali emas di SEA Games 2021.

Tim Dayung Indonesia menambah koleksi satu medali emas dalam SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, Jumat (13/05/22).

Emas hari ini didapat dari nomor lightweight mans four yang dimotori Mahendra Yanto, Ali Buton, Ferdiansyah, dan Denri Maulidzar. 

Mereka finis pertama dengan catatan waktu 6 menit 47 detik. Vietnam berada di posisi kedua terpaut 5,1 detik dari Indonesia, diikuti Filipina yang finis ketiga dengan catatan waktu 7 menit.

Ferdiansyah mengatakan lega bisa memenuhi target meraih medali emas pada nomor tersebut, serta mengalahkan tim tuan rumah yang dinilainya memiliki tim yang kuat dan solid.

Baca selengkapnya: Dayung Panen Medali, Tambah Dua Emas Lagi untuk Indonesia di SEA Games

Timnas Futsal IndonesiaMyanmarTimnas IndonesiaArdiansyah RuntuboyBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021Mohammad Hashemzadeh

Berita Terkini