x

SEA Games 2021: Gulung Singapura, Timnas Indonesia Basket Kian Pepet Filipina dalam Perebutan Emas

Jumat, 20 Mei 2022 20:46 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas basket Indonesia menang telak atas Singapura 91-61 dan kini berada dalam jalur perebutan medali emas SEA Games 2021 menantang Filipina sang unggulan.

INDOSPORT.COM - Timnas basket Indonesia meraih kemenangan keempatnya di SEA Games 2021 cabors basket 5x5 putra dengan menghajar Singapura.

Berlaga di Thanh Tri Gymnasium, Jumat (20/5/2022) petang WIB, Arki Dikani Wisnu dan kolega unggul cukup telak 91-61.

Baca Juga

Pada awal pertandingan, pemain-pemain asuhan Milos Pejic sempat kesulitan menghadapi Singapura yang menerapkan strategi full court press.

Strategi tersebut membuat timnas basket Indonesia banyak melakukan kesalahan berujung turn over yang membuat Singapura menempel ketat perolehan angka.

Memasuki quarter ketiga dan keempat, barulah timnas basket Indonesia mulai menemukan pola terbaiknya lewat tembakan tiga angka yang dilancarkan Andakara Prastawa, Juan Laurent Kokodiputra, hingga Agassi Goantara.

Baca Juga

Hal itu yang akhirnya membuat Indonesia meraih kemenangan di laga ini dengan skor 91-61 melawan Singapura.

Andakara Prastawa kembali tampil on fire dan menjadi penyumbang poin terbanyak Tim Garuda di laga ini dengan 20 poin plus 3 assist dan 1 rebound dari 23 menit bermain. 

Pemain asal klub Pelita Jaya Bakrie itu sukses memasukkan tiga tembakan three point dengan persentase 60 persen. 

Baca Juga

Brandon Jawato juga tidak kalah apiknya dan menjadi pemain terbaik kedua timnas basket Indonesia meski hanya tampil selama 19 menit.

Forward naturalisasi berdarah Amerika Serikat itu mengemas 11 poin dan 4 rebound dan kerap menyusahkan pertahanan Singapura dengan steal dan drive-nya.


1. Pepet Filipina

Pemain Timnas Basket Indonesia naturalisasi, Brandon Jawato.

Kemenangan ini membuat Timnas basket Indonesia tetap menjaga rekor 100 persen mereka di SEA Games 2021 dan berpeluang membawa pulang medali emas.

Sebelumnya roster Merah-Putih sudah menggebuk Malaysia (92-95), Thailand (78-75), dan Kamboja (44-94).

Baca Juga

Tambahan dua poin dari game melawan Singapura memang tidak mendorong timnas basket Indonesia dari peringkat kedua namun itu saja sudah bagus.

Mereka hanya kalah dalam agresivitas poin dengan sang raja Asia Tenggara sekaligus juara bertahan dari edisi 2019 lalu, Filipina.

Baca Juga

Kedua tim sama-sama mengantongi delapan poin dari empat pertandingan namun Filipina punya 150+ points difference sementara timnas basket Indonesia hanya 86+.

Di laga berikutnya timnas Indonesia akan coba menikung sang pesaing utama kala menjajal kekuatan tim tuan rumah, Vietnam, pada Sabtu (21/05/22) esok hari.

Baca Juga

Penentuan bisa atau tidaknya medali emas SEA Games 2021 basket putra 5x5 akan ditentukan dalam partai penutup kontra Filipina pada Minggu (22/05/22) mendatang.

Timnas basket Indonesia sendiri paling banter baru bisa meraih peringkat kedua sepanjang sejarah mengikuti SEA Games, tetapi kualitas rooster saat ini jauh lebih baik dengan banyak pemain naturalisasi maupun keturunan yang dipanggil.


2. Indonesia Daki Tabel Perolehan Medali SEA Games 2021

Eki Febri Ekawati, atlet tolak peluru peraih medali emas SEA Games cabor atletik. Foto: Komite Olimpiade Indonesia, NOC.

Berikut klasemen medali SEA Games 2021, Jumat (20/05/22) pukul 00.00 WIB. Meski dipastikan gagal raih emas sepak bola, Indonesia justru sukses naik ke 4 besar.

Dunia olahraga tengah diramaikan oleh gelaran SEA Games 2021. Kompetisi multievent negara-negara Asia Tenggara itu digelar di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022.

Hingga Kamis (10/05/22) pukul 00.00 WIB, Indonesia berada di peringkat kelima dengan 36 emas, 49 perak, dan 49 perunggu.

Meski demikian, kontingen tanah air hanya tertinggal 1 emas dari Singapura di posisi 4 dan Filipina di posisi 3, sehingga peluang menembus 3 besar terbuka lebar.

Pada Kamis (19/05/22), kontingen Indonesia mengikuti sejumlah nomor yang berhasil menghasilkan tambahan medali.

Baca selengkapnya: Klasemen Medali SEA Games 2021: Sepak Bola Gagal Emas, Indonesia Malah Naik ke 4 Besar

SEA GamesSingapuraFilipinaTimnas Basket IndonesiaBasketSEA Games 2021

Berita Terkini