x

Digelar Tahun Depan! Ini Jadwal Teranyar Asian Games Hangzhou 2022

Rabu, 20 Juli 2022 12:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Asian Games 2022 yang sempat tertunda gara-gara Covid-19 akhirnya dijadwalkan ulang. Pesta olahraga se-Asia ini dikonfirmasi akan digelar tahun depan.

INDOSPORT.COM – Asian Games 2022 yang sempat tertunda gara-gara Covid-19 akhirnya dijadwalkan ulang. Pesta olahraga se-Asia ini dikonfirmasi akan digelar tahun depan.

Seperti diketahui, Asian Games edisi ke-19 yang sedianya digelar pada 10-25 September nanti di Hangzhou, China, terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga

Setelah melakukan pertimbangan selama kurang lebih dua bulan, Dewan Olimpiaede Asia mengonfirmasi tanggal terbaru gelaran Asian Games Hangzhou tersebut.

Dewan Olimpiade Asia melalui akun Twitter, Selasa (19/7/22), mengumumkan bahwa Asian Games Hangzhou akan digelar 23 September-8 Oktober tahun depan, lebih dari 12 bulan dari tanggal awal.

"Dewan Olimpiade Asia mengumumkan pada tanggal 19 bahwa Asian Games Hangzhou akan diadakan dari 23 September hingga 8 Oktober 2023, dan namanya akan tetap menjadi Asian Games Hangzhou 2022 ke-19," bunyi pernyataan resmi OCA.

Baca Juga

Meski digelar pada tahun 2023, nama dan logo ajang multievent tersebut nantinya akan tetap menjadi Asian Games Hangzhou 2022.

Keputusan ini dibuat setelah berkonsultasi dengan Komite Olimpiade China dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencari jadwal yang tidak bentrok dengan event internasional besar lainnya.

Baca Juga

Sebelumnya, pada Mei lalu, pihak penyelenggara mengumumkan Asian Games terpaksa ditunda lantaran China masih berjuang melawan naiknya angka kasus Covid-19 di negara tersebut.

Tuan rumah Hangzhou sendiri berada di dekat Kota Shanghai, kondisi ini sangat rawan mengingat Shanghai tengah mengalami krisis akibat lockdown berkepanjangan.


1. Bulutangkis Terdampak Penundaan Asian Games Hangzhou

Logo Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China.

Lockdown panjang ini diberlakukan karena pemerintah China ingin tidak ada lagi kasus Covid-19 di negaranya, atau zero tolerance.

Padahal, penyelenggara Asian Games 2022 mengatakan bahwa Hangzhou telah selesai membangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.

Baca Juga

Pada momen itu, mereka juga memaparkan bahwa asian Games 2022 akan menerapkan sistem bubble, seperti di Olimpiade Musim Dingin Beijing yang sukses di Februari lalu.

Salah satu cabang olahraga yang paling terpukul dengan kabar penundaan Asian Games 2022 Hangzhou adalah bulutangkis.

Skuat bulutangkis Indonesia memiliki target tinggi untuk meraih medali emas di Asian Games 2022, mengingat saat ini para atlet Merah Putih berada di peringkat atas dunia.

Ada pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di posisi tertinggi sektor ganda putra bulutangkis level dunia.

Baca Juga

Ada pula Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Komang Ayu Cahya Dewi yang ingin menunjukkan kebangkitan tunggal putri Indonesia di kancah Asia.

Belum lagi Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang ingin melanjutkan prestasi mereka di Asian Games 2018 lalu.


2. Penundaan Asian Games 2022 Bisa Untungkan Saina Nehwal?

Saina Nehwal smash Shuttlecock kepada lawan di Odense Sports Park (21/10/18). Shi Tang/Getty Images

Dicoret dari skuad Asian Games 2022 karena tak ikut seleksi tim nasional India, akankah Saina Nehwal dapat kesempatan baru usai ditundanya hajatan tersebut?

Ya, diketahui beberapa waktu lalu, Asosiasi Bulutangkis India (BAI) mengumumkan menggelar seleksi nasional untuk menyaring pemain yang akan dikirim ke beberapa turnamen besar.

Turnamen tersebut adalah Piala Thomas dan Uber 2022 (8-15 Mei), Commonwealth Games (28 Juli-8 Agustus), dan Asian Games 2022 (10-25 September).

Namun, Saina Nehwal memutuskan tidak ambil bagian dari seleksi nasional tersebut. Pasalnya dia menderita kelelahan fisik usai menjalani rangkaian turnamen bulutangkis di Eropa.

Saina Nehwal sebenarnya berharap bahwa BAI bisa memberinya keringanan untuk tetap tampil di ajang tersebut. Terlebih dia adalah penyabet medali emas Commonwealth Games dua kali.

Baca selengkapnya: Penundaan Asian Games 2022 Bisa Untungkan Saina Nehwal?

Asian GamesChinaBerita Olahraga

Berita Terkini