x

Dua Atlet Panjat Tebing Indonesia Berambisi Pecahkan Rekor Dunia di Jakarta

Kamis, 22 September 2022 09:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Bakal tampil di Jakarta, dua atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, bakal berambisi untuk memecahkan rekor dunia speed putra.

INDOSPORT.COM –  Bakal tampil di Jakarta, dua atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, bakal berambisi untuk memecahkan rekor dunia speed putra.

Diketahui, Indonesia bakal menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 yang berlangsung pada 24-26 September 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta.

Baca Juga

Sebagai jagoan Indonesia, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo digadang bakal bersaing ketat untuk menjadi yang tercepat, termasuk dengan ambisi untuk memecahkan rekor dunia.

Ambisi itu dikemukakan oleh keduanya pasca  bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, bersama sejumlah atlet, pelatih, serta Federasi  Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Rabu (21/09/22).

“Target pertamanya untuk bisa memecahkan rekor lagi di angka empat detik,” ucap Kiromal Katibin melansir dari laman Antara.

Baca Juga

Kiromal Katibin yang dijuluki ‘Spiderman’ Indonesia itu memang butuh catatan waktu empat detik agar bisa menajamkan rekor dunia IFSC nomor speed putra yang saat ini dipegangnya.

Sebelumnya, atlet panjat tebing berusia 22 tahun itu memecah rekor empat detik saat berlaga di babak penyisihan Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat (08/07/22).

Saat itu, Kiromal Katibin melesat menjajaki dinding setinggi 15 meter hanya dalam catatan waktu 5,009 detik atau pembulatan menjadi 5,00 detik.

Baca Juga

Saat ini Kiromal katibin tercantum dalam daftar lima catatan waktu terbaik speed putra menyalip seniornya, Veddriq Leonardo, yang pernah mencetak rekor 5,20 detik di Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021 Seri Salt Lake City.

Tak mau kalah,Veddriq Leonardo juga mengusung ambisi untuk memecahkan rekor dunia IFSC  speed putra di ajang Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 SCBD mendatang.


1. Ambisi Veddriq Leonardo

Selain ingin memecahkan rekor dunia, Veddriq Leonardo juga ingin mempertahankan gelar juara umum kategori speed putra yang sebelumnya dia raih di Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021.

Selain ingin memecahkan rekor dunia, Veddriq Leonardo juga ingin mempertahankan gelar juara umum kategori speed putra yang sebelumnya dia raih di Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021.

“Kalau saya pribadi ingin mengamankan peringkat satu dunia untuk speed putra dan kemudian secara pribadi juga ingin memecahkan rekor dunia,”ucap Veddriq Leonardo melansir Antara.

Baca Juga

“Karena dulu saya pernah memecahkan rekor pada tahun 2021 yang menjadi seri pertamanya di waktu 5,20 detik,” sambungnya.

Senior Kiromal Katibin itu pun optimis dengan ambisi yang dia usung menyambut perhelatan ajang Piala Dunia Panjat Tebig IFSC 2022 Seri Jakarta.

“Dan saya optimis InsyaAllah bisa (juara) di Tanah Air ini,” doa Veddriq Leonardo yang saat ini diketahui memuncaki klasemen keseluruhan nomor speed putra disusul Kiromal Katibin.

Baca Juga

Ambisi dan optimism berjalan beriringan bagi Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo. Apalagi sejumlah persiapan telah dilakukan secara maksimal.

“Karena kami sudah berlatih cukup lama dan persiapannya memang disiapkan untuk peak performance-nya nanti di SCBD,” kata Veddriq Leonardo.

“Untuk persiapan karena kalau kita latihan kan sudah terprogram dari pelatih. Tinggal kita melakukan yang terbaik,” Kiromal Katibin menambahkan.

Baca Juga

Pada Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 Seri Jakarta,  Indonesia akan menurunkan 12 atlet speed putra dan 10 putri, 10 atlet lead putra, dan 10 putri.

Sementara secara keseluruhan, ajang panjat tebing ini, rencanaya akan diikuti kurang lebih 200 atlet dari 27 negara.


2. Rekor Fantastis Kiromal Katibin

Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam kejuaraan dunia di Prancis.

Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam kejuaraan dunia di Prancis.

Pria kelahiran 21 Agustus 2000 itu secara berulang mencetak rekor dunia tahun ini di berbagai kejuaraan panjat tebing yang dia ikuti.

Teranyar, Kiromal Katibin sukses mencetak rekor di babak kualifikasi nomor speed International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat (8/7/22).

“Saya sangat senang sekali. (Raihan rekor) ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat,” ucap Kiromal Katibin melansir laman Antara.

Kiromal Katibin berharap bahwa catatan rekor yang dia torehkan di IFSC World Cup 2022 itu menjadi lecutan semangat bagi atlet panjat tebing Indonesia untuk kian berjaya.

Baca selengkapnya: 5 Detik! Kiromal Katibin “Spiderman Indonesia’ Kembali Cetak Rekor Dunia Panjat Tebing

 

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)Panjat TebingKiromal KatibinVeddriq Leonardo

Berita Terkini