x

SAC Indonesia 2022: East Java Qualifiers Ditutup dengan Pemecahan Rekor 4 Nomor Lari

Selasa, 8 November 2022 11:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 East Java Qualifiers.

INDOSPORT.COM - Banjir pemecahan rekor nomor lari tercipta di hari penutup kompetisi atletik pelajar bertajuk Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 East Java Qualifiers di Lapangan Atletik THOR Surabaya, Minggu (6/11/22). 

Total empat rekor tercipta, semuanya dari nomor lari untuk persaingan tingkat pelajar SMA/sederajat. Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang mampu mencatatkan waktu tercepat 12,92 detik (100 meter). 

Baca Juga

Sebelumnya, rekor catatan waktu tercepat nomor 100 meter putri dipegang Ni Kadek Budiarsini dari SMAN 1 Bangli yang tampil di Bali-Nusa Tenggara Qualifiers di Mataram, 2 Oktober lalu (13,09 detik). 

Pecah rekor lari dalam ajang Energen Champion SAC Indonesia 2022 juga terjadi di nomor 1.000 meter putri atas nama Siti Frisda (MAN 5 Bojonegoro). Dia mencatat waktu 3 menit 16,87 detik. 

Siti Frisda berhasil mempertajam rekor pada nomor ini yang sebelumnya dipegang oleh Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja (3 menit 31,13 detik). 

Songo, julukan SMAN 9 Surabaya, ternyata bukan hanya memiliki prestasi mentereng di cabor basket. Skuat estafet mereka juga cukup berpotensi, bahkan sampai memecahkan rekor 4x100 meter putri (56,03 detik). 

Baca Juga

Rekor terbaik sebelumnya ditorehkan oleh SMAN 1 Pundong yang tampil pada Yogyakarta Qualifiers dengan catatan waktu 58,31 detik.

Tak hanya pada sektor putri yang berhasil mempertajam rekor, pelaksanaan East Java Qualifiers juga menghasilkan pemecahan rekor pada persaingan putra estafet 4x100 meter. 

Kontingen dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi sukses mencatatkan rekor (45,91 detik). Torehan lama dipegang oleh SMAN 1 Poto Tano dari Sumbawa Barat yang bersaing pada Bali-Nusra Qualifiers (47,99 detik). 

Baca Juga

Para pelajar pemecah rekor yang berstatus juara East Java Qualifiers, termasuk peraih podium sebagai runner-up untuk tingkat SMA, berhak mewakili provinsinya tampil di National Championship atau putaran nasional di Jakarta, 9-11 Desember mendatang.  

Mereka akan ersaing dengan pemenang dari berbagai qualifiers lain untuk menjadi juara tingkat nasional, yang nantinya diterbangkan ke Australia untuk mengikuti pemusatan latihan di fasilitas sports science ternama di sana.


1. Apresiasi Dispora Jatim

Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 East Java Qualifiers.

Banjir rekor di Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers ini direspons positif oleh Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Jawa Timur (Jatim), Vitri Rahmawati. Hal ini membuktikan bahwa pelajar Jatim punya potensi luar biasa dan tak kalah dengan provinsi lainnya.

Vitri juga memuji atmosfer dan antusias para peserta kompetisi atletik paling akbar di Indonesia yang  diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. 

“Sangat luar biasa. Seru sekali finalnya. Saya juga memberi apresiasi luar biasa kepada para orang tua, guru dan anak-anak semua yang membaur dalam kegiatan ini,” terang Vitri.

Baca Juga

Menurut Vitri, SAC Indonesia 2022 bisa membuat perubahan besar. Terlebih lagi, para atlet kalangan pelajar SD, SMP, hingga SMA sangat memerlukan berkompetisi. Setelah Pandemi Covid-19 menyerang. 

“Saya berharapnya ini jadi habit dan makin besar skalanya seperti halnya yang sudah dilakukan oleh DBL Indonesia melalui liga basket (DBL). Sudah sangat booming di Jawa Timur dan seluruh Indonesia malah,” terang Vitri.

Bagi Vitri, meski baru menggelar musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 ini sudah menjadi industri olahraga. Kolaborasi antara sponsor, penyelenggara dan pemerintah sangat ciamik. 

Baca Juga

“Saya berharap sosialisasinya lebih ditingkatkan lagi. Sekarang ini kan tahun pertama. Mungkin ke depannya akan lebih banyak sekolah di seluruh Jatim yang ikut berpartisipasi. Apalagi atletik ini secara global belum tersentuh dengan serius,” pungkasnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2022 – East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya, pada 4-6 November 2022. Kompetisi atletik ini diikuti 4.076 pelajar, mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA, yang datang dari 373 sekolah se-Jawa Timur. 

AtletikJawa TimurLariPB PASIBerita Olahraga

Berita Terkini