x

Bedah Multi-event 2023 Termasuk SEA Games dan Asian Games: Ada yang Digelar di Indonesia

Minggu, 8 Januari 2023 22:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tahun 2023 akan dimeriahkan sejumlah ajang mult-event atau multi-sport yang pasti sudah dinanti oleh para penikmat olahraga, termasuk SEA Games dan Asian Games.

INDOSPORT.COM - Tahun 2023 akan dimeriahkan sejumlah ajang mult-event atau multi-sport yang pasti sudah dinanti oleh para penikmat olahraga, termasuk SEA Games dan Asian Games.

Belum lama ini, masyarakat dihibur oleh gelaran Piala Dunia 2022 yang menyita perhatian lantaran digelar untuk pertama kalinya di Timur Tengah.

Agenda empat tahunan FIFA tersebut pun menutup tahun 2022 dengan kemeriahan yang tidak ada duanya, serta menelurkan Timnas Argentina sebagai juara.

Kini memasuki tahun 2023, warga dunia sebaiknya bersiap karena sederet agenda olahraga sudah menanti di depan mata.

Beberapa di antaranya bahkan siap menjadi pusat atensi yang tidak kalah menarik dari Piala Dunia 2022. Apa saja?

Baca Juga

Pacific Games

Ajang multi-sport yang cukup menarik lantaran digelar bagi negara-negara yang berada di kawasan Oceania.

Kompetisi ini sudah eksis sejak tahun 1962 dan berada di bawah naungan Pacific Games Council alias PGC. Untuke edisi 2023, event akan digelar di Solomon Islands pada 19 November hingga 2 Desember.

Baca Juga

Seperti ajang multi-sport pada umumnya, Pacific Games juga menyajikan kompetisi dari berbagai cabor: atletik, basket, sepak bola, renang, tenis, dan lain-lain.

Namun jika harus membahas cabor-cabor yang unik, Pacific Games turut menggelar netball, touch rugby, dan bodybuilding.

Sementara itu, negara-negara yang ikut bertanding di antaranya: Australia, Cook Islands, Tahitu, Vanuatu, Palau, Selandia Baru, Tuvalu, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga

1. Dari Asian Games hingga World Beach Games

Tahun 2023 akan dimeriahkan sejumlah ajang mult-event atau multi-sport yang pasti sudah dinanti oleh para penikmat olahraga, termasuk SEA Games dan Asian Games.

Asian Games

Tahun 2023 bakal jadi pelipur lara para penggemar olahraga yang terpaksa gigit jari lantaran Asian Games Hangzhou 2022 mengalami penundaan.

Untuk diiingat kembali, gelaran Asia Games ke-19 terpaksa ditunda pelaksanaannya pada September 2022 lalu akibat pandemi Covid-19.

Namun akhirnya, event olahraga akbar antarnegara Asia ini mendapatkan tanggal pelaksanaan baru yakni pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Hangzhou 2011 merupakan event Asian Games yang digelar setelah edisi ke-18 di Jakarta-Palembang (2018).

Beberapa cabor seperti karate dan softball serta esports dan breakdance bakal turut memeriahkan event kali ini di China.

Baca Juga

Asian Para Games

Tentu saja event yang tidak boleh ketinggalan jika membahas Asian Games. Ajang untuk para atlet dengan disabilitas ini akan digelar ada 22 hingga 28 Oktober 2023.

World Beach Games

Selanjutnya ada World Beach Games 2023 yang bakal digelar di Bali, Indonesia, pada bulan Agustus. Edisi ini merupakan kelanjutan dari Doha 2019 yang seharusnya terselenggara pada 2021 lalu.

Baca Juga

Namun sekali lagi, pandemi Covid-19 mengacaukan segalanya. Sampai akhirnya, World Beach Games edisi ke-2 ini harus tertunda hingga 2023.

Seperti namanya, olahraga-olahraga yang akan dimainkan di World Beach Games nanti tidak akan jauh-jauh dari pantai.

Para penonton akan disuguhi permainan-permainan mengasyikkan seperti beach soccer, beach water polo, beach wrestling, beach volleyball, dan bahkan kite foil.

Baca Juga

2. SEA Games dan Agenda Menarik Lainnya

Tahun 2023 akan dimeriahkan sejumlah ajang mult-event atau multi-sport yang pasti sudah dinanti oleh para penikmat olahraga, termasuk SEA Games dan Asian Games.

SEA Games

Ya, gelaran SEA Games di Vietnam memang baru saja berakhir beberapa waktu lalu, namun itu karena edisi 2021 alias edisi ke-31 harus tertunda karena Covid-19.

Kini, setelah SEA Games 2021 yang selesai pada 2022 lalu, masyarakat Asia Tenggara kembali bersiap untuk edisi ke-32 di Kamboja.

Menurut jadwal, SEA Games 2023 akan diselenggarakan pada 5 hingga 17 Mei di Phnom Penh.

ASEAN Para Games

Menyusul SEA Games 2023, ASEAN Para Games rencananya dihelat pada sekitar bulan Juni.

Event Lainnya

Selain event-event tersebut di atas, tahun 2023 juga akan dimeriahkan banyak agenda multi-sport menarik lainnya.

Baca Juga

Sebut saja Mediterranian Beach Games, African Games, Canada Winter Games, dan masih banyak lagi.

Lalu, Commonwealth Youth Games ke-7 yang akan menyajikan aksi para atlet muda dari negara-negara persemakmuran juga akan dihelat tahun ini.

Baca Juga

Sejatinya, event ini akan digelar pada 2021 namun ditunda akibat pandemi Covid-19.

Setelah mencari waktu yang tepat setelah jadwal berkonflik dengan Commonwealth Games dan Olimpiade Tokyo, akhirnya ditentukanlah tanggal 4 hingga 11 Agustus 2023.

Commonwealth Youth Games 2023 akan digelar di Trinidad Tobago dan Port of Spain. Sementara itu, Belfast yang sempat terpilih terpaksa mundur sebagai tuan rumah karena ketidakjelasan anggaran pelaksanaan.

Baca Juga
Asian GamesAsian Para GamesMulti-EventASEAN Para GamesSEA Games 2023

Berita Terkini