x

Seru untuk Ditonton, 5 Film Olahraga Terbaik yang Pernah Berjaya di Oscar

Senin, 13 Maret 2023 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Will Smith, aktor yang membintangi film tenis King Richard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay/File Photo.

INDOSPORT.COM - Penghargaan Academy Awards alias Oscar kembali dihelat saat awal tahun, kali ini di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (12/03/23) malam waktu setempat.

Sepanjang sejarah, Academy Awards telah memberikan banyak penghargaan kepada para penggiat film, sebagai bentuk apresiasi jerih payah mereka dalam berkarya.

Teranyar, film CODA berhasil memenangkan penghargaan Best Picture di edisi sebelumnya, dengan Will Smith dan Jessica Chastain menggondol predikat Best Actor dan Best Actress.

Tema yang diusung film-film dalam nominasi Academy Awards dari masa ke masa pun beraneka ragam, termasuk olahraga.

Ya, film bertema atau berlatar belakang olahraga juga pernah menguasai panggung Oscar, masuk ke nominasi, atau bahkan memenangkan penghargaan.

Baca Juga

Nah, berikut film-film olahraga terbaik yang pernah berkompetisi di Academy Awards, dan tentunya layak menjadi referensi tontonan para sport lover. Apa saja?

King Richard (2021)

Film beraroma tenis ini disutradarai oleh Reinaldo Marcus Green dan membawa Will Smith meraih penghargaan Best Actor di Academy Awards edisi yang lalu.

Baca Juga

Bukan hanya itu, King Richard juga menggondol enam nominasi di Academy Awards ke-94 pada Maret 2022 lalu termasuk kategori Best Actor.

Kelima nominasi lainnya adalah Best Picture, Best Supporting Actress, Best Film Editing, Best Original Song, dan Best Original Screenplay.

Bahkan, di Academy Awards ke-94, Will Smith tidak hanya mencuri atensi berkat kemenangannya di kategori aktor terbaik Oscar.

Baca Juga

1. Will Smith sang Richard Williams

Will Smith, aktor yang membintangi film tenis King Richard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay/File Photo.

Ia juga masuk headline di mana-mana lantaran melayangkan pukulan ke Chris Rock di panggung Oscar, gara-gara lawakan yang menyinggung sang istri.

Terlepas dari insiden tersebut, Will Smith tetaplah aktor hebat yang berhasil memerankan karakter Richard Williams dengan sempurna.

King Richard sendiri merupakan film yang menceritakan perjalanan seorang ayah dan kedua putrinya dalam meraih kesuksesan di dunia tenis.

Di film ini, Will Smith memerankan Richard Williams, ayah Serena dan Venus Williams, duo petenis putri papan atas dunia yang namanya sudah tidak asing lagi.

Richard Williams sendiri digambarkan sebagai pria yang sangat optimistis dengan bakat anak-anaknya, meski banyak orang meragukan mimpi mereka untuk jadi bintang.

Baca Juga

Dengan visi yang jelas dan metode out of the box, Richard Williams membawa dua putrinya dari jalanan Compton, California, menuju panggung tenis dunia.

Rocky (1976)

Film yang dibintangi Sylvester Stallone ini nampaknya masih memegang takhta sebagai karya seni klasik yang tidak pernah usang dimakan waktu.

Baca Juga

Kesuksesan Rocky yang masif pada masa itu pun membuat film ini menggondol seabrek nominasi di Academy Awards ke-49 pada tahun 1977.

Kala itu, Rocky berhasil menyabet 10 nominasi dan memenangkan tiga di antaranya: Best Film Editing, Best Directing, dan yang paling spektakuler Best Picture.

Film Rocky berkisah tentang seorang petarung medioker bernama Rocky Balboa yang melalui banyak cobaan dan tantangan untuk menjadi petunju profesional.

Baca Juga

2. Film-Film Lainnya

Will Smith, aktor yang membintangi film tenis King Richard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay/File Photo.

The Champ (1931)

Film bertema olahraga pertama yang berhasil meraih nominasi Academy Awards sepanjang sejarah dan sempat di-remake pada tahun 1979.

The Champ mengisahkan seorang petinju bernama Andy yang berjuang untuk hidup demi anak laki-lakinya yang masih kecil.

Pemeran utama dalam film ini, Wallace Beery, memenangkan penghargaan Best Actor. Begitu pula Frances Marion yang menang di kategori Best Story.

Selain itu, The Champ juga masuk di nominasi Best Picture dan Best Director. Pada 2020, film ini pun ditayangkan di event Berlin International Film Festival.

Chariots of Fire (1981)

Beralih ke film Chariots of Fire yang memenangkan Best Picture di Academy Awards ke-53 pada tahun 1982 dan menggondol tujuh nominasi.

Dari tujuh nominasi tersebut, film ini memenangkan penghargaan Best Original Score, Best Costume Design, Best Screenplay, dan tentunya Best Picture.

Chariots of Fire dibuat berdasarkan kisah dua atlet: Eric Liddell dan Harold Abrahams, diperankan oleh Ben Cross dan Ian Charleson.

Million Dollar Baby (2004)

Film bertema olahraga lainnya yang berhasil menggondol piala Oscar untuk kategori Best Picture dan masuk ke tujuh nominasi.

Selain Best Picture, Million Dollar Baby juga meraih penghargaan Best Director (Clint Eastwood), Best Actress (Hilary Swank), dan Best Supporting Actor (Morgan Freeman).

Film ini, lagi-lagi tentang tinju, mengisahkan seorang petarung wanita amatir yang berjuang demi menggapai mimpinya menjadi seorang profesional. 

OscarWill SmithSylvester StalloneFilmBerita Olahraga

Berita Terkini