x

Membanggakan! Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Berjaya di Serbia

Selasa, 25 April 2023 16:39 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jelang partisipasinya di SEA Games 2023, timnas polo air Indonesia asuhan Nikola Milosavlejic sukses berjaya menaiki podium satu kejuaraan di Beograd, Serbia.

INDOSPORT.COM – Jelang partisipasinya di SEA Games 2023, timnas polo air Indonesia asuhan Nikola Milosavlejic  sukses berjaya menaiki podium satu kejuaraan di Beograd, Serbia.

Diketahui, pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara, SEA Games, bakal segera bergulir. SEA Games 2023 berlangsung di Kamboja pada 5 sampai 17 Mei mendatang.

Terdapat 36 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan diikuti total 11 negara di Asia Tenggara. Salah satu yang dipertandingkan adalah polo air atau water polo.

Cabor ini menjadi salah satu yang paling antusias untuk diikuti oleh kontingen Indonesia. Karena di SEA Games 2021 lalu, polo air tidak dipertandingkan.

Untuk itulah, menyambut SEA Games 2023 mendatang, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tentunya akan terus berupaya meningkatkan prestasi polo air Merah Putih.

Baca Juga

Tujuannya tentu adalah mempertahankan medali emas yang ditorehkan kontingen polo air Indonesia di SEA Games 2019 lalu.

Dalam persiapan menghadapi SEA Games Kamboja, sejak 4 April 2023 lalu, timnas polo air Indonesia menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Serbia yang merupakan negara asal sang pelatih, Nikola Milosavlejic.

Baca Juga

Melansir laman Antara, para atlet juga mengikuti sejumlah turnamen yang juga diikuti tim-tim kuat asal Serbia. Salah satu turnamen yang diiikuti tim polo air Indonesia adalah adalah Vaterpolo Academy Tasmajdan Cup 2023.

Turnamen VAT Cup atau Vaterpolo Academy Tasmajdan Cup 2023 berlangsung di Beograd, Serbia, 21-23 April lalu. Fantastisnya, tim polo air Indonesia sukses menyabet gelar juara di ajang itu.

Pada final yang bergulir Minggu (23/04/23) waktu setempat, murid asuhan Nikola Milosavlejic itu sukses mengalahkan tim Divisi Satu Liga Serbia, VK Beograd, dengan skor 12-11.

Baca Juga

1. Harapan Pelatih

Pelatih Nikola Milosavlejic berharap kemenangan di Serbia menjadi modal bagi tim polo air Indonesia untuk mempertahankan medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Dilansir laman  Antara, di  VAT Cup atau Vaterpolo Academy Tasmajdan Cup 2023, timnas polo air Indonesia mengawali turnamen dengan bergabung di Grup B bersama klub elit yakni VK Singidunum dan Klub VK Palilua.

VK Singidunum merupakan klub elit polo air yang merupakan ranking tujuh dari divisi kedua Liga Serbia. Sementara VK Palilua juga merupakan klub elit yang menempati ranking lima divisi dua Liga Serbia.

Sementara di Grup A dihuni VK Beograd (Rangking 4 1st Division Serbian League), VK Tas (Champion Serbia 1st Division League), dan VK Crvena Zveda (1/8 finalis Euro Cup).

Sejak penyisihan, tim polo air Indonesia asuhan Nikola Milosavlejic sukses memetik dua kemenangan atas VK Palilula dengan skor 19-6. Pada hari kedua, Indonesia kembali menang atas VK Singidunum dengan skor 19-4.

Timnas Polo Air Indonesia sebagai juara Grup B bertemu juara Grup A VK Beograd di final yang berlangsung cukup sengit.

Baca Juga

Pada babak pertama, Indonesia unggul 4-3. Namun di babak kedua kalah 3-4 sehingga skor imbang 7-7. Babak ketiga masih milik Indonesia yang unggul 9-8.

Pada babak keempat atau terakhir kedua tim sama-sama mencetak tiga gol sehingga Indonesia menang atas VK Beograd 12-11.

Gol tim polo air Indonesia dicetak oleh Ridjkie Mulia (5 gol), Brandley Legawa 92 gol), Yusuf Budiman (2 gol), Reza Auditya (1 gol), Ahmad Fauzy (1 gol), dan Hizkia Bima (1 gol).

Baca Juga

Pelatih Nikola Milosavlejic berharap kemenangan di Serbia menjadi modal bagi timnas polo air Indonesia untuk mempertahankan medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

"Setelah berlatih lebih dari dua pekan, kami diuji dalam sebuah turnamen untuk melihat kemajuan sebagai satu kesatuan tim. Bagaimana menghadapi lawan dan juga tekanan dalam pertandingan.”

 Ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Semoga ini menjadi modal berharga menjelang tampil di SEA Games 2023 Kamboja," kata Milosavlejic sebagaimana dilansir dari laman Antara.

Baca Juga

Sumber: Antara

IndonesiaSEA GamesPolo AirTimnas Polo Air IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini