x

Timnas Indonesia U-22 Jaga Rekor 100% Kemenangan di SEA Games 2023, Indra Sjafri Malah Kaget

Kamis, 11 Mei 2023 01:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Meski yakin bisa lolos ke semifinal cabor sepakbola di SEA Games 2023, Indra Sjafri akui tidak menyangka penampilan timnas Indonesia U-22 akan sebaik ini. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Meski yakin bisa lolos ke semifinal cabor sepakbola di SEA Games 2023, Indra Sjafri akui tidak menyangka penampilan timnas Indonesia U-22 akan sebaik ini.

Dengan persiapan yang mepet, pelatih Garuda Muda tersebut cukup kaget karena timnya bisa menyapu bersih keempat partai di Grup A dengan kemenangan.

Proses pembentukan skuad timnas Indonesia U-22 memang jauh dari kata sempurna. Indra Sjafri yang bertugas memimpin tim menggantikan Shin Tae-yong berulang kali dihujani kritik.

Pasalnya publik menilai jika eks nakhoda timnas Indonesia U-16 itu tidak becus dalam memilih pemain. Bahkan anggapan tersebut masih deras mengalir usai melakoni dua uji coba terakhir sebelum SEA Games 2023 melawan Lebanon.

Meski Beckham Putra dan kolega bisa sekali menang dan sekali kalah namun fans Merah-Putih merasa jika kualitas yang mereka lihat tidak sesuai harapan.

Baca Juga

Hanya saja hasil yang sangat positif justru bisa terlihat di turnamen sebenarnya. Filipina (3-0), Myanmar (5-0), Timor Leste (3-0), dan tuan rumah Kamboja (1-2) bisa timnas Indonesia U-22 bekuk untuk mengunci tiket ke babak berikutnya.

Indra Sjafri merasa jika ini adalah hasil yang diluar ekspektasi. Terutama ketika harus melakukan rotasi pun kemenangan masih bisa diraih atas Kamboja bukti jika kekompakan timnya patut diacungi jempol.

Baca Juga

"Ya, seperti yang sudah kita perkirakan dari awal bahwa kita memang akan jadi juara grup di A. Dan kita juga mendapatkan pembelajaran dari empat pertandingan ini, karena memang tim ini baru benar benar komplet di 25 April, pas mau berangkat baru semua pemain ada," beber Indra Sjafri.

"Tapi buat kami, yang surprise itu adalah dalam waktu yang pendek, bisa membentuk chemistry pemain yg sangat baik dan akhirnya dari empat laga kami berkesimpulan dapat susunan terbaik Timnas indonesia untuk semifinal. Itu berkat dari empat pertandingan tersebut," ujarnya.

"Termasuk itu lawan Kamboja tadi, hampir lima pemain kunci kami tidak dimainkan. Kami juga bersyukur, dari 20 pemain yang dipilih, semuanya menunjukkan kemampuannya," tambahnya lagi.

Baca Juga

1. Pantang untuk Berpuas Diri

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memberikan keterangan kepada media jelang SEA Games 2023, Senin (24/04/23). .

12 poin, 13 gol, dan hanya sekali kemasukan di Grup A SEA Games 2023 memang sebuah capaian yang patut diapresiasi namun sebaiknya timnas Indonesia U-22 tidaklah berpuas diri dahulu.

Seperti yang sudah diketahui, peta persaingan di fase grup tidaklah berimbang. Kebanyakan tim favorit justru terkumpul di kumpulan B.

Di sana Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam harus saling sikut demi dua tempat saja ke semifinal sehingga membuat Laos terpaksa hanya bisa mendulang satu poin saja sekaligus menjadi lumbung gol dengan rasio -9.

Dengan lawan yang kualitasnya sedikit lebih baik, Thailand dan Vietnam isa berdiri di dua posisi teratas dan tetap bisa meraih tiga kemenangan dari tiga laga sejauh ini.

Siapa yang akan keluar sebagai juara grup baru akan ditentukan pada pertemuan keduanya pada Kamis (11/05/23) sore nanti.

Baca Juga

Tim yang kalah dipastikan harus puas menjadi runner-up dan bertemu dengan timnas Indonesia U-22 di semifinal.

Karena itulah, target untuk meraih medali emas sebaiknya jangan dulu Indra Sjafri bebankan pada para pemainnya.

Baca Juga

Sudah jadi rahasia umum jika di fase knock-out biasanya jadi tempat dimana wakil Merah-Putih gugur. Tidak heran titel juara terakhir kali didapat pada 1991 silam.

Walau demikian doa terbaik akan tetap dipanjatkan segenap pecinta sepakbola tanah air bagi timnas Indonesia U-22 ke depannya.

Meski berat, medali emas SEA Games 2023 cabor sepakbola tetap bukan sesuatu yang mustahil untuk diraih terutama jika Indra Sjafri bisa menerapkan taktik dna mindset optimal pada skuadnya.

Baca Juga
Indra SjafriSEA GamesTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini