x

8 Hal Aneh dan Kontroversial di SEA Games 2023, Pencak Silat Bikin Emosi

Sabtu, 13 Mei 2023 18:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat hal-hal aneh dan menarik di SEA Games 2023 sejauh ini.

INDOSPORT.COM - Melihat sejumlah hal unik, menarik, aneh, bahkan janggal yang sejauh ini terjadi di SEA Games 2023 Kamboja.

Di event seperti SEA Games, meski ‘hanya’ berlevel Asia Tenggara, tentu saja ada banyak hal yang bisa terjadi.

Salah satunya bahkan sempat terjadi jelang upacara pembukaan pada 5 Mei lalu, di mana bendera Indonesia dibawa terbalik oleh penari saat sesi pre-show.

Kejadian ini pun lantas menyulut emosi masyarakat Indonesia yang menganggap penyelenggara tidak berhati-hati dalam menyiapkan acara.

Selepas insiden tersebut, Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 pun langsung menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia.

Baca Juga

Namun tentu saja, peristiwa bendera terbalik bukan satu-satunya insiden yang terjadi sebagai warna-warni SEA Games 2023.

Dirangkum dari berbagai sumber, redaksi INDOSPORT.COM telah mengumpulkan sejumlah kejadian maupun kejanggalan di SEA Games 2023 sejauh ini. Berikut tujuh lainnya selain insiden bendera.

Baca Juga

Pencak Silat

Mari mulai dari insiden yang terjadi di cabor bela diri pencak silat beberapa waktu lalu, yang juga merugikan tim Indonesia.

Adalah Safira Dwi yang sempat didiskualifikasi saat menghadapi pesilat Vietnam, Nguyen Hoang Hong An, di final pencak silat Women’s Tanding Class B, Rabu (10/05/23).

Menyusul insiden tersebut, Indro Catur selaku pelatih, beserta segenap ofisial pencak silat Indonesia pun melayangkan protes.

Baca Juga

1. Tak Cuma Drama Pencak Silat

Melihat hal-hal aneh dan menarik di SEA Games 2023 sejauh ini.

Upaya itu pun pada akhirnya membuahkan hasil dan Safira Dwi pun pulang membawa medali emas setelah mengajukan banding.

“Banding dimenangkan saya karena memang sesuai peraturan dan saat diulang videonya, saya sama sekali tidak melakukan pelanggaran dan jelas poin unggul di saya,” jelasnya kepada INDOSPORT.

Muay Thai vs Kun Khmer

Kun khmer juga mencuat jadi isu yang lumayan di SEA Games 2023, yang pada akhirnya menjadikan Kamboja berjaya dengan 14 medali emas.

Sebelumnya, penyelenggara SEA Games sempat menjadi bulan-bulanan, terutama oleh atlet-atlet dari Thailand karena mengganti nama muay thai menjadi kun khmer.

Alhasil, tidak ada satu pun atlet dari Negeri Gajah Putih yang tampil di kun khmer SEA Games 2023, apalagi secara pelaksanaan, aturannya sama dengan muay thai.

Baca Juga

Kursi Plastik

Selanjutnya beralih ke cabor sepak bola, yang belum lama ini menjadi perbincangan karena panitia penyelenggara menyediakan kursi plastik untuk pemain.

Timnas Indonesia U-22 dan para peserta lainnya ‘hanya’ disediakan kursi plastik di ruang ganti, yang kemudian sampai ke telinga Menpora, Dito Ariotedjo.

Baca Juga

Podium Disorot Lampu Mobil

Lalu ada hal absurd lainnya yang terjadi di SEA Games 2023, kali ini di nomor 20 km jalan cepat, yang juga diikuti oleh atlet Indonesia, Hendro Yap.

Gara-garanya, pada waktu itu seremoni pengalungan medali terjadi pada malam hari di Angkor Wat, karena sebelumnya race ditunda hingga sore hari akibat cuaca ekstrem.

Alhasil, dengan keterbatasan pencahayaan, panitia pun memakai lampu sorot mobil untuk menerangi podium atlet yang meraih medali. Momen ini juga sempat viral di medsos.

Baca Juga

2. Dari Bulutangkis hingga e-Sports

Melihat hal-hal aneh dan menarik di SEA Games 2023 sejauh ini.

Pemain ‘Sewaan’ Kamboja

Dari cabor bulutangkis, ada yang menarik sekaligus janggal dari tim Kamboja yang bertanding di event beregu campuran.

Nama Zhou Meng mendadak jadi perbincangan lantaran ia diduga sebagai salah satu pemain Kamboja bernama Chourng Meng.

Tiang Bendera

Bukan hanya sorotan lampu mobil, momen seremoni medali lainnya juga ada yang viral, lho! Adalah momen tiang bendera dipegangi oleh petugas alih-alih diberdirikan sendiri.

Berbagi Medali Emas

Selain pencak silat, tim e-sports Indonesia juga mengalami insiden saat berpartisipasi di grand final valorant antara Indonesia vs Singapura.

Singapura dianggap memakai bug abuse skill spycam cypher di map split ronde 8. Indonesia kemudian mengajukan protes yang membuat pertandingan sempat tertunda.

Indonesia sempat memutuskan mengundurkan diri meski dari pihak-pihak terkait masih mencari jalan keluar terbaik untuk masalah ini.

Akhirnya, diputuskanlah bahwa Singapura dan Indonesia sama-sama meraih medali emas, sedangkan Filipina dan Vietnam membawa pulang perunggu.

Demikianlah sejumlah hal-hal menarik maupun serba-serbi dan kejanggalan yang terjadi di SEA Games 2023 sejauh ini.

Mengingat event masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan, bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak ‘insiden’ atau hal unik yang bakal terjadi. Kita lihat saja ya!

IndonesiaPencak SilatBerita OlahragaSEA Games 2023

Berita Terkini