x

Cetak Rekor Clean and Jerk SEA Games, Eko Yuli Makin Matang Tatap Olimpiade 2024 Paris!

Minggu, 14 Mei 2023 15:35 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Lifter kebanggaan Indonesia, Eko Yuli Irawan sukses mencetak rekor clean and jerk sekaligus memastikan medali emas dari angkat besi di SEA Games 2023 Kamboja.

INDOSPORT.COM - Lifter kebanggaan Indonesia, Eko Yuli Irawan sukses mencetak rekor clean and jerk sekaligus memastikan medali emas dari angkat besi di SEA Games 2023 Kamboja.

Kompetisi yang berlangsung di National Olympic, Sabtu (13/05/23), Eko yang turun di kelas 61 kg berhasil mengangkat 133 kg di snatch dan 170 kg di angkatan clean and jerk. Khusus clean and jerk, Eko sekaligus membuat rekor baru di SEA Games.

Baca Juga

Catatan itu membuatnya menggusur wakil Vietnam yang sebelumnya memegang rekor angkatan clean and jerk, 169 kg yakni atas nama Thạch Kim Tuấn di SEA Games.

“Alhamdulillah bisa pecah rekor di clean and jerknya, ada di 170 kg. Rasanya yang pasti perjuangannya berat banget di SEA Games ini. Tapi bisa dapat medali emas itu target utama, masalah rekor tidak kepikiran,” kata Eko.

Baca Juga

“Tapi pas diangkat 170kg dan itu masih memungkinkan emas dan bisa pecah rekor ya bersyukur,” lanjut Eko.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa untuk bisa mengangkat 170 kg di clean and jerk cukup berisiko.

Baca Juga

Terlebih usai SEA Games 2023 Kamboja, masih ada Asian Games, kualifikasi Olimpiade sampai ke Olimpiade Paris 2024 yang jadi targetnya.

“Medali emas ini saya persembahkan untuk istri, anak, orang tua, keluarga, saudara dan masyarakat Indonesia tentunya,” ucap Eko Yuli.

“Karena dukungan luar biasa buat saya selama ini dan alhamdulillah bisa tercapai. Medali emasnya untuk kita semua,” ungkap Eko.


1. Tetap Evaluasi

Lifter Indonesia, Eko Yuli raih medali emas SEA Games 2023.

Meski sukses meraih medali emas untuk kategori angkat besi di SEA Games 2023 Kamboja sekaligus pencetak rekor clean and jerk, Eko Yuli mengaku tetap melakukan evaluasi atas performa dirinya.

“Yang pasti ini buat evaluasi juga sebelum ke Olimpiade dan kualifikasi Olimpiade. Mudah-mudahan kejuaraan ke depan semakin meningkat lagi angkatannya. Dan penampilan saya bisa semakin matang di Asian Games dan Olimpik nanti,” harap Eko.

Baca Juga

Capaian Eko Yuli kali ini menambah koleksi medali emasnya di SEA Games menjadi tujuh. Hal itu juga sekaligus membuatnya masih mendominasi prestasi angkat besi di Asia Tenggara.

Medali emas SEA games sebelumnya pernah diraih Eko di SEA Games 2007 Nakhon Ratchasima, 2009 Vientiane, 2011 Jakarta-Palembang, 2013 Naypyidaw, 2019 Filipina dan 2021 Vietnam.

Baca Juga

Melihat prestasi yang direngkuh oleh Eko Yuli tersebut, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, tentunya ikut bangga.

“Alhamdulillah, ini prestasi yang sangat membanggakan. Semoga sosok Eko ini jadi insipirasi dan motivasi buat atlet lain. Tidak hanya dari cabor angkat besi, tapi juga cabor lainnya,” kata Lexyndo Hakim.

SEA GamesOlimpiadeEko Yuli IrawanAngkat Besi

Berita Terkini