GP Azerbaijan

(VIDEO) Misteri Tikungan 15 Sirkuit Baku, Titik Rawan Paling Banyak Menelan Korban

Jumat, 17 Juni 2016 20:37 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sebelum sesi latihan bebas pertama, sirkuit Baku memang sudah diprediksi akan menjadi lintasan terjal dan sulit bagi para pembalap. Setidaknya pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto serta Daniel Ricciardo dan Marcus Ericsson menyebut sirkuit Baku cukup menantang.

Hal itu langsung terbukti saat para pembalap F1 menjajal sesi latihan bebas pertama hari ini, Jumat (17/06/16) siang WIB. Saat sesi latihan bebas pertama belum tuntas, setidaknya ada 4 pembalap yang sudah menjadi korban terjalnya sirkuit Baku.

Mereka adalah dua pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat dan Carlos Sainz Jr serta pembalap tim Haas, Esteban Gutierrez. Sementara pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo mengalami kecelakaan cukup keras saat menabrak dinding pembatas lintasan hingga membuat mobilnya rusak.


Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo

Ternyata, keempat pembalap tersebut menjadi korban di titik yang sama yakni di tikungan 15. Kvyat, Sainz dan Gutierrez terlihat gagal melewati tikungan 15 dengan baik karena justru melaju melebihi batas.


Pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat


Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz Jr

Seperti diketahui, tikungan 15 sirkuit Baku tersebut merupakan simpang tiga dengan satu akses jalan ditutup dan tak boleh dilewati karena bukan bagian lintasan balap yang dilombakan.

Selain itu, tikungan 15 juga berada sangat dekat dengan dinding pembatas lintasan sehingga terlihat sangat sempit ketimbang lintasan balap F1 pada umumnya.

Namun, karena kondisi tikungan 15 yang sangat tajam, para pembalap kerap melaju terlalu cepat sehingga akhirnya membuat mereka masuk ke jalur yang salah.

Hal itu tentu akan membuat para pembalap yang gagal mengendalikan kecepatan, harus memutar balik kembali mobilnya untuk kembali masuk ke tikungan 15.


Kondisi tikungan 15 di Sirkuit Baku City, Azerbaijan


Pembalap tim Haas, Esteban Gutierrez

Gagalnya sejumlah pembalap melewati tikungan 15, membuat predikat sirkuit jalan raya tercepat dalam kalender F1 itu pun seakan runtuh. Tikungan 15 memang dianggap sebagai tikungan paling berbahaya, menarik dan rumit karena bisa membuat laju para pembalap melambat.

102