x

Berjaya di Asian Games 2018, Pencak Silat Juga Gemparkan Amerika Serikat

Senin, 3 September 2018 03:41 WIB
Editor: Juni Adi
Pesilat Indonesia, Amri Rusdana (sabuk biru) melawan Pesilat Uzbekistan, Nurulla Saidov pada babak 16 besar Kelas F Putra 70kg-75kg di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (23/08/18). Amri menang 5-0 atas lawannya.

INDOSPORT.COM - Seni bela diri asal Indonesia, pencak silat rupanya banyak disukai oleh dunia internasional seperti warga Amerika Serikat. Bahkan mereka sampai mendirikan perguruan silat di wilayah Utah, Amerika.

Pertama kali dipertandingkan di ajang Asian Games, pencak silat sukses jadi cabang olahraga yang paling membanggakan bagi Indonesia.

Sebab, seni bela diri asal Nusantara itu menyumbang medali emas cukup banyak dari beberapa cabor lain untuk Indonesia yakni 14 medali emas.

Baca Juga

Prestasi tersebut rupanya mendongkrak posisi klasemen Indonesia dalam hal perolehan medali. Tuan rumah total mengumpulkan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. 

Kehebatan pecak silat rupanya tak hanya berhenti sampai di situ. Dunia internasional, salah satunya adalah Ameriak Serkat pun ikut melestarikan seni bela diri tenaga dalam ini.


1. Didirikan Oleh Kakak Beradik

Perguruan Merpati Putih USA, saat sedang berlatih pencak silat.

Adalah kakak beradik Nate dan Mike Zelezkonic, yang mendirikan perguruan silat di wilayah Utah, Amerika Serikat bernama Merpati Putih.

Perguruan Merpati Putih atau yang lebih dikenal MP USA ini rupanya telah cukup lama eksis di negeri Paman Sama, yaitu didirikan sejak tahun 1999.

Silat MP ini adalah salah satu silat Indonesia yang disukai warga Amerika khususnya anak kecil dan orang tua di wilayah Ogden, Utah, Amerika Serikat, yang kemudian menjadi murid Mike.

Baca Juga

“Kami mengajarkan kepada mereka semua gerakan dan teknik bela diri, dalam Bahasa Indonesia. Saya benar-benar ingin berbagi mengenai budaya Indonesia, keindahan, orang-orangnya, dan aspek yang berasal dari silsilah keluarga kerajaan yang jauh di Indonesia,” kata Mike Zelezkonic seperti dikutip dari VOA Indonesia.

19 tahun berdiri, MP USA kini telah memiliki murid lebih dari 150 orang, dan menariknya murid-murid tersebut tidak ada yang berasal dari Indonesia. Mereka senang dengan seni bela diri tenaga dalam tersebut.

“Saya merasa enak, saya merasa tenang. Saya telah menggeluti seni bela diri Merpati Putih selama 11 tahun. Banyak mematahkan benda, banyak perjuangan, dan banyak kegagalan...gagal dalam usaha, tetapi saya meraih banyak keberhasilan juga,” ujar seorang murid MP USA bernama Scotty Newton.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.

Asian GamesPencak SilatAsian Games 2018Serba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini