x

Sampai Menangis! Pencak Silat Dicurangi, Pesilat Indonesia Safira Dwi Didiskualifikasi di SEA Games 2023

Rabu, 10 Mei 2023 15:24 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Pencak silat dicurangi setelah wakil pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilanie, dirugikan oleh keputusan kontroversial wasit dalam pertandingan Class B SEA Games. (Foto: Instagram@safiradwimeilani)

INDOSPORT.COM - Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilanie, diduga dicurangi dalam final cabang olahraga (cabor) Pencak Silat Women's Tanding Class B ajang SEA Games 2023.

Safira Dwi Meilanie menghadapi wakil Vietnam, Nguyen Hoang Hong An, di final Pencak Silat Women's Tanding Class B ajang SEA Games 2023, Rabu (10/05/23).

Nama Safira Dwi Meilanie menjadi salah satu pesilat dari tim putri Indonesia yang mencatatkan dirinya di partai final SEA Games 2023.

Hal tersebut dikarenakan total terdapat lima pesilat dari tim putri Indonesia di berbagai kategori cabang olahraga Pencak Silat, termasuk Safira Dwi.

Sementara itu, empat nama lain yang dimaksudkan adalah Suci Wulandari (Under 45 kg), Jeni Elvis Kause (Class C), Atifa Fismawati (Class D), Nia Larasati (Clas D).

Baca Juga

Sebagai tambahan informasi, berbagai kategori di atas dibagi tergantung dari berat badan pesilat. Class B adalah klasifikasi untuk pesilat yang memiliki berat di antara 50-55 kg.

Sedangkan, Class C adalah kategori pesilat yang mempunyai berat badan 55-60 kg. Sementara, Class D ada di range 60-65 kg. Serta, Class E yang berada di antara 65-70 kg.

Baca Juga

Meskipun mencatatkan lima wakil di final pencak silat, tetapi Indonesia hanya berhasil meraup 2 emas, yakni melalui Jeni Elvis Kause (Class C) dan Atifa Fismawati (Class D).

Di sisi lain, Safira Dwi Meilanie, Suci Wulandari, dan Nia Larasati harus puas mempersembahkan medali perak untuk Indonesia.

Parahnya, pertandingan final SEA Games 2023 yang dijalani oleh Safira Dwi Meilanie melawan pesilat Vietnam di cabor Pencak Silat Class B diliputi kontroversi. Bahkan, hal itu membuat sang pesilat sampai menangis.

Baca Juga

1. Pencak Silat Dicurangi, Pelatih Indonesia Layangkan Protes

Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilanie, diduga digembosi dalam final cabang olahraga (cabor) Pencak Silat Women's Tanding Class B ajang SEA Games 2023.

Pertandingan antara Safira Dwi Meilanie melawan Nguyen Hoang Hong An (Vietnam) di final Pencak Silat Tanding Match Class B, sebenarnya dimulai dengan seru.

Safira Dwi Meilanie mampu menguasai keadaan lebih baik daripada Nguyen Hoang Hong An, yang berlangsung di venue Chroy Changvar Convention Centre Hall E.

Hal tersebut dikarenakan Safira Dwi Meilanie mampu unggul atas pesilat Vietnam tersebut, dengan kedudukan yang cukup jauh, yakni 61-43.

Walaupun tercatat mampu unggul 18 angka atas Nguyen Hoang Hong An, tetapi Safira justru didiskualifikasi oleh wasit asal Malaysia ketika waktu tinggal menyisakan 18 detik. 

Sontak, kejadian itu membuat pelatih Pencak Silat Indonesia, Indro Catur, bereaksi keras dengan melemparkan aksesoris pertandingan yang ada di lapangan. Safira sendiri bahkan sampai menangis.

Baca Juga

Menurut rilis yang diterima oleh INDOSPORT.COM, pelatih Safira, Indro Catur, mengungkapkan bahwa pihaknya masih melakukan protes karena hasilnya dianggap merugikan atau bisa dibilang pencak silat dicurangi .

Pasalnya, Indro mengaku jika Safira Dwi Meilanie masih kuat melanjutkan pertandingan, meskipun mengalami dislokasi di bahu lengan kanannya.

Baca Juga

"Ya untuk laga Safira tadi masih kita protes, kan kejadiannya Safira tadi secara poin unggul jauh, kemudian waktu tinggal 18 detik, Safira juga tidak melakukan pelanggaran apapun. Tapi miskomunikasi dari wasit, mereka melihatnya Safira terkena kuncian," ujar Indro.

"Kalau dianggap kuncian, itu tidak benar sama sekali. Karena kuncian itu kan harus ada prosesnya. Mungkin ada hitungannya, terlihat si anak ini tidak bisa bergerak secara pasif," tambah pelatih Safira Dwi Meilanie itu.

"Safira tendangan dan pukulannya masih bagus. Kalau kesakitan iya, tapi bukan menyerah gitu. Sekarang lagi diproses (protes keberatan), mudah-mudahan nanti diterima dan pertandingan akan dilanjutkan untuk 18 detik waktu tersisa," pungkas pelatih pencak silat di SEA Games 2023 itu. 

Baca Juga
IndonesiaPencak SilatSEA GamesVietnamSEA Games 2023

Berita Terkini