Oase

Viral Kue Klepon Disangka Green Takoyaki

Minggu, 5 September 2021 21:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah unggahan terkait kue klepon viral baru-baru ini. Berawal di TikTok, unggahan itu kemudian dibagikan ulang oleh akun Twitter @shitegoblin dalam bentuk screen capture.

Di situ tertulis "First time eating Green Takoyaki" (pertama kali makan Green Takoyaki), dengan latar belakang berupa kue klepon. Si pengunggah tampaknya bermaksud menyoroti pemakaian istilah 'green takoyaki' untuk menyebut klepon. Uniknya, warganet justru memperdebatkan nama lokal camilan tersebut.

Hal itu bermula saat beberapa warganet yang bermaksud meluruskan nama kudapan itu dengan menyebutnya onde-onde bukannya takoyaki. Rupanya, warganet beberapa lain terpancing untuk menyambar dengan menyebut bahwa onde-onde adalah nama yang keliru dan semestinya adalah klepon.

Beruntung di antara komentar itu ada warganet yang berbaik hati menjelaskan bahwa di daerah tertentu seperti sebagian Sumatera dan Sulawesi, kue bulat hijau bertabur parutan kelapa itu memang disebut onde-onde. Sementara di Pulau Jawa jajanan itu lebih umum disebut klepon.

"Green mochi with brownsugar mecotot" komentar @babyodastarwars.

"takoyaki palalu itu onde onde kesukaan bang boneeengg," komentar @______rizky.

"Kalau di sumbar, yg ijo2 dikasih gula aren/brown sugar di dalamnya itu disebut onde-onde, yg d google jga gak salah kok krna tiap2 daerah namanya beda2, kan si kakak yg sebelumnya udah bilang di daerah dia, ya beda lah sama yg d google," jelas @kkeurisjjang.

"Mending klepon dibilang takoyaki, daripada canang (semacam sesajen) dibilang zucchini noodle (jenis vegetable noodle)." tulis @de__vs. []

Baca berita asli klik di sini

Disclaimer:
Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo