AkuratCo

Sri Mulyani di Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia, Rankingnya Naik

Kamis, 9 Desember 2021 19:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, kembali menempatkan namanya di 100 besar wanita paling berpengaruh di dunia. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, kembali menempatkan namanya di 100 besar wanita paling berpengaruh di dunia.

INDOSPORT.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, kembali menempatkan namanya di 100 besar wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes.

Bahkan tahun ini, peringkatnya naik dari 78 ke 66, meski masih berada di bawah Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, yang menghuni ranking 27.

Mengutip Forbes, Kamis (9/12/21), Sri Mulyani yang sempat menjabat managing director dan COO Bank Dunia berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

“Tahun lalu (Sri Mulyani) Indrawati meraih penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik di World Government Summit atas usahanya untuk melaksanakan reformasi,

“Lalu saat di Bank Dunia dia aktif mempromosikan kesetaraan gender,” tulis laporan Forbes, dikutip Kamis (9/12/21).

Sementara, posisi teratas daftar tersebut ditempati oleh MacKenzie Scott. Ia adalah seorang penulis dan mantan istri pendiri Amazon, Jeff Bezos. Saat ini, ia juga merupakan orang terkaya ke-3 di dunia.

Setelah itu, Wakil Presiden AS, Kamala Harris, mengekor di peringkat ke-2. Ia merupakan orang kulit hitam pertama yang menjadi orang nomor 2 di Gedung Putih.

Selanjutnya, posisi ke 3 ditempati oleh Christine Lagarde yang merupakan presiden Bank Sentral Eropa. Sementara itu, mantan istri Bill Gates, Melinda, menempati posisi kelima.

Penyusunan daftar wanita paling berpengaruh ini, tidak hanya berdasarkan kesuksesan berupa penghasilan maupun kekuasaan, melainkan jasa hingga peran dalam memimpin sebuah perusahaan atau organisasi.

Wanita-wanita ini dinilai memberikan kontribusi bagi setiap perubahan dunia. Mereka memberikan dedikasi besar yang menarik perhatian hingga berdampak besar bagi perubahan dan bermanfaat bagi negaranya.

Sekadar informasi, Institut Keuangan Internasional (The Institute of International Finance/IIF) juga menganugerahi Sri Mulyani penghargaan Distinguished Leadership and Service Award.

Penghargaan Kepemimpinan dan Layanan ini diberikan kepada menkeu Indonesia saat pertemuan tahunan anggota IIF di Washington, Amerika Serikat, 11 Oktober 2021.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo