x

2 Mantan Penggawa Timnas Indonesia Asal Papua Terjun ke Dunia Politik

Selasa, 17 Agustus 2021 12:07 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Oktovianus Maniani saat berseragam Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dua mantan penggawa timnas Indonesia asal Papua, Oktavianus Maniani dan Titus Bonai, terjun ke dunia politk dan menjadi kader Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora pun mengapresiasi kinerja Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Papua yang berhasil merekrut figur-figur penting dari tanah Papua.

"Platform Gelora yang terbuka dan kolaboratif saya kira menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia yang sangat majemuk seperti di Papua," kata Ketua Bidang Rekrutmen Anggota DPN Partai Gelora Indonesia Endy Kurniawan dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (16/8/2021).

Partai Gelora, kata Endy, bersyukur atas bergabungnya pemain yang kerap disapa Okto dan Tibo tersebut. Keduanya, menurut dia, akan menjadi pendorong untuk terus meningkatkan kerja teritorial dan kerja digital seluruh fungsionaris baik di DPN, DPW maupun DPD se-Indonesia. 

Baca Juga
Baca Juga

Okto dan Tibo bukanlah sosok asing di dunia sepak bola tanah air. Keduanya adalah penyerang dan winger handal.

Okto lahir di Jayapura pada 27 Oktober 1990. Meski bertubuh mungil ia dikenal memliki kecepatan berlari dan gocekan yang apik. Kecepatan dan kemampuan olah bolanya membuatnya kerap merepotkan bek-bek lawan

Sebelum pandemi Covid-19, Otto Maniani merumput di Persiba Balikpapan pada Liga 2 pada 2020 lalu. Dia dipanggil untuk memperkuat Indonesia U-23 di ajang Sea Games 2011 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Pada Indonesia Super League (ISL) tahun 2010-2011, Okto dipinang oleh klub Sriwijaya FC yang dilatih oleh Ivan Kolev. Okto Maniani juga pernah memperkuat Arema Cronus, Madura FC, Perserang, Persewar Waropen dan lain-lain. 

Okto juga pernah tergabung dalam Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2010 di bawah asuhan Alfred Riedl. Ia pun masuk skuat pemain Timnas senior dan memperkuat Indonesia dalam even-even internasional. 

Pada 2015, Okto ikut bermain dalam sinetron serial Madun yang tayang di SCTV. Sinetron yang diproduksi Amanah Surga Productions ini,  mengisahkan perjuangan seorang remaja bernama Madun untuk pemain bola. Okto Maniani sendiri dalam sinetron ini tetap berperan sebagai Okto Maniani, pemain sepak bola asal Papua.

Baca Juga
Baca Juga

Adapun Titus Bonai di dunia sepak bola tanah air berposisi sebagai penyerang. Pria bernama lengkap Titus John Londouw Bonai ini lahir di Jayapura, Papua, pada 4 Maret 1989. 

Tibo mengawali kariernya bersama Persipura Jayapura U-21 pada tahun 2008. Sebelum pandemi, Titus Bonai kembali bermain untuk Borneo FC, yang sempat dibelanya selama dua musim. 

Selain bermain di Persipura Jayapura, Tibo juga sempat bermain di Sriwijaya FC, PSM Makassar, Semen Padang, Bontang FC dan Persiram Raja Ampat. Tibo juga sempat membela klub Thailand, BEC Tero Sasana. 

Di Timnas Indonesia, Titus Bonai pernah bermain untuk Timnas U-23 Indonesia, Piala AFC 2012 dan ajang Sea Games 2011 dibawah asuhan Rahmad Darmawan. 

Secara individu, skill, fisik dan naluri golnya sangat tinggi. Tibo selalu menjadi starter dalam semua pertandingan Timnas Indonesia di ajang internasional.

Okto lebih dulu menyatakan diri bergabung dengan Partai Gelora baru kemudian Tibo. Kabar bergabungnya Tibo ke Partai Gelora disampaikan Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Fahri Hamzah.  

"Menyusul Okto Maniani, siang ini (Senin) Titus Bonai, mantan pemain Timnas Indonesia asal Papua, pemain Persipura dan klub-klub lainnya, bergabung bersama Partai Gelora Indonesia," kata Fahri.

Baca Artikel Asli di AkuratCO

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.

Titus BonaiOktovianus ManianiSepak Bola

Berita Terkini