x

Sebanyak 1,56 Juta Dosis Vaksin Pfizer untuk Covid-19 Telah Tiba di Indonesia

Jumat, 20 Agustus 2021 20:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sebanyak 1,56 Juta Dosis Vaksin Pfizer untuk Covid-19 Telah Tiba di Indonesia

INDOSPORT.COM – Pada Kamis (19/08/21) malam WIB, sebanyak 1,56 juta dosis vaksin Pfizer untuk penanganan Covid-19 telah tiba di Indonesia. Pemerintah RI pun bisa melanjutkan program vaksinasi.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya secara virtual hari Jumat (20/8/21), diketahui bahwa 1,56 juta dosis vaksin Pfizer tiba di Tanah Air berbarengan dengan vaksin AstraZeneca sebanyak 450 ribu dosis.

Lebih lanjut, kedatangan vaksin AstraZeneca ini diperoleh dari dukungan Pemerintah Belanda melalui kerja sama bilateral, sementara Pfizer diperoleh melalui jalur komersial.

Baca Juga
Baca Juga

"Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah pengiriman tahap pertama dari komitmen Pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja sama bilateral dose-sharing mechanism," ujar Retno LP Marsudi.

Menlu menegaskan, pemerintah akan terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat Indonesia demi segera tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity.

“Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar guna menjamin pasokan vaksin untuk kebutuhan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Terkait dukungan vaksin yang diperoleh dari Pemerintah Belanda, Retno mengungkapkan pembicaraan mengenai dukungan tersebut telah dilakukannya dengan Menlu Belanda Sigrid Kaag dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag, Belanda, pada tanggal 1 Juli 2021 lalu.

“Atas nama Pemerintah Indonesia saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Belanda atas dukungan dose-sharing vaksin yang telah diberikan, serta kerja sama yang lebih erat ke depannya,” ucapnya.

Terkait tingkat penyebaran kasus Covid-19, Menlu Retno menuturkan bahwa secara global angka penularan Covid-19 masih cukup tinggi.

Bahkan, Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia atau Dirjen WHO memperkirakan, dengan tren sekarang, jumlah kasus dapat mencapai 300 juta pada awal tahun depan atau bahkan bisa lebih cepat lagi.

Pada periode 12-19 Agustus 2021, beberapa kawasan mengalami kenaikan kasus mingguan, di antaranya Amerika Utara sebesar 12 persen, Eropa 3 persen, dan Oseania 24 persen.

Baca Juga
Baca Juga

Namun untungnya, kawasan ASEAN mengalami penurunan sebesar 0,4 persen. Hanya ada beberapa negara anggota yang masih alami kenaikan signifikan seperti Brunei Darussalam, Filipina, dan Vietnam dengan angka kenaikan diatas 10 hingga 50 persen.

Baca berita asli klik di sini

Disclaimer:
Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo.
Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo

Virus CoronaBerita Ragam

Berita Terkini