x

6 Resep Ini Bisa Bikin Sukses dan Fenomenal seperti Mark Zuckerberg

Sabtu, 20 November 2021 12:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mark Zuckerberg, sosok fenomenal yang satu ini dikenal luas sebagai sosok vital di balik berdirinya Facebook.

INDOSPORT.COM - Mark Zuckerberg, sosok fenomenal yang satu ini dikenal luas sebagai sosok vital di balik berdirinya Facebook.

Jebolan Universitas Harvard ini juga masuk ke jajaran orang terkaya dunia versi Forbes dengan harta kekayaan sebesar 119,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp1.691 triliun.

Tentu tidak mengherankan, mengingat jejaring sosial buatannya memang sangat booming dan mendunia. Nyaris semua peselancar di dunia maya memiliki akun Facebook untuk berbagi hobi dan berinteraksi dengan sesama.

Mark Zuckerberg memang salah satu pengusaha paling sukses di muka bumi ini. Akan tetapi, semua itu tidak diperoleh secara instan atau dalam waktu singkat.

Suami Priscilla Chan itu juga pernah mengalami kegagalan di perjalanan kariernya. Nah, berikut enam kunci sukses Mark Zuckerberg, yang belum lama ini mengumumkan perubahan nama Facebook Inc ke Meta Platform Inc.

Baca Juga
Baca Juga

Ciptakan produk yang berguna bagi banyak orang

Jika ingin sukses dalam bisnis, ciptakan produk yang dapat digunakan banyak orang. Inilah yang dilakukan Mark Zuckerberg dengan Facebook.

Bagaimana dia menciptakan sebuah platform yang memungkinkan banyak orang bertemu dan berkomunikasi dengan mudah secara online.

Mulai dari hal kecil dan mudah dilakukan

Menciptakan sesuatu yang besar memang nampak hebat. Namun hal tersebut tentu tidak mudah dan pasti membutuhkan proses.

Daripada merencanakan hal besar, tetapi hanya sebatas wacana atau omongan doang alias omdo, lebih baik memulai hal kecil. Itu akan jauh lebih bagus.

Mencintai pekerjaan

Hidup tidak selalu tentang uang, begitu juga dengan kesuksesan. Bagi seorang Mark Zuckerberg, melakukan sesuatu yang disukai dan dicintai adalah sesuatu lebih penting dan berharga ketimbang uang.

Pria ini tidak tertarik untuk melepas Facebook kepada orang lain, meskipun hal tersebut akan memberinya banyak uang.

Baca Juga
Baca Juga

Terbuka pada perubahan dan tidak lupa tujuan awal

Sikap fleksibel menjadi salah satu kunci kesuksesan Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook hingga seperti sekarang.

Meski fokus pada tujuan awal untuk menghubungkan banyak orang dengan lebih mudah, Facebook juga dikembangkan dari segi bisnis.

Mark Zuckerberg selalu terbuka untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk dengan menghadirkan berbagai fitur baru yang memudahkan para pengguna Facebook.

Hal ini sekaligus memberi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak peluang bisnis di dalam aplikasi tersebut.

Tetap fokus meskipun banyak rintangan

Rintangan akan selalu ada dan bisa datang kapan saja, namun semua hal ini tidak menjadi penghalang bagi seorang Mark Zuckerberg.

Pantang menyerah dan terus fokus pada tujuan awal, dia selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan dan menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi pada Facebook.

Bergerak cepat dan hilangkan semua kekhawatiran

Dalam perjalanannya, Facebook juga pernah mengalami beberapa kali kegagalan. Namun Mark Zuckerberg tidak berhenti berkarya dan terus berjuang untuk memperbaikinya.

Perbaikan-perbaikan yang konsisten dan cepat pada akhirnya bisa membuat aplikasi tersebut dikenal masyarakat dunia.

Demikianlah enam kunci kesuksesan Mark Zuckerberg yang mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk mencapai kesukesan dalam berkarya.

Baca berita asli di Akurat.co

facebookMark ZuckerbergBerita Ragam

Berita Terkini