x

Survei IPO: Prabowo Mulai Ditinggalkan, Sandi Disukai Publik

Sabtu, 4 Desember 2021 17:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Menurut survei terbaru IPO, elektabilitas Prabowo Subianto kalah dari Sandiaga Uno.

INDOSPORT.COM - Menurut survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO), elektabilitas Prabowo Subianto berada di angka 8,4 persen jika Pilpres 2024 digelar hari ini, kalah dari Sandiaga Uno (13,8 persen).

Lalu dalam skema tokoh menteri paling disukai, Sandiaga Uno berhasil menduduki posisi puncak dengan tingkat kesukaan publik sebesar 86 persen, disusul Tri Rismaharini 82 persen, baru Prabowo Subianto 77 persen.

“Membaca tingkat popularitas, elektabilitas dan penerimaan publik terhadap tokoh-tokoh potensial, terutama Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto,

“Terlihat mencolok jika Prabowo mulai ditinggalkan beralih ke Sandiaga Uno yang mulai merangkak naik menggantikan Prabowo," kata Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, Sabtu (4/12/21).

Baca Juga
Baca Juga

Survei dilakukan IPO pada 29 November hingga 2 Desember 2021. Pengukuran kesalahan (sampling error) survei 2,50 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Adapun setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling atau pengambilan sample bertingkat dengan 1200 responden.

Dalam pandangan Dedi, peningkatan elektabilitas Sandiaga Uno dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya karena kejenuhan publik atas ketokohan Prabowo Subianto, dan meningkatnya harapan publik agar Sandi menggantikan posisi Prabowo.

"Juga dipengaruhi tren pemilih yang cenderung menyukai tokoh muda," katanya.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam presentasi IPO, terlihat jika popularitas Sandi yang sebesar 87 persen, berada di bawah Prabowo yang memperoleh 94 persen. Akan tetapi dari sisi kesukaan publik, Sandi memang lebih unggul.

"Memang terlihat ada ceruk persentase sekira 15 sampai 17 persen yang tidak suka pada Prabowo, sehingga kelompok ini rentan mempromosikan anti Prabowo, tutur Dedi lagi.

Sementara itu, Sandi, lanjutnya, belum memiliki pembenci yang sedemikian kuat sebagaimana yang dimiliki Prabowo.

Baca berita asli di Akurat.co

Sandiaga UnoSandiaga S. UnoPrabowo SubiantoBerita RagamPilpres

Berita Terkini