x

5 Fakta Jimmy Gideon, dari Nama Presiden AS hingga Pernah Ditabrak Bus

Senin, 27 Desember 2021 14:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Industri hiburan Tanah Air kembali berduka atas kepergian salah satu pelawak terbaiknya, Jimmy Gideon.

Kabar tentang meninggalnya pria bernama asli Abdul Aziz tersebut terdengar sejak hari Minggu (26/12/21). Salah satu rekan sekaligus sahabat yang turut mengumumkan berita duka tersebut adalah Derry 4 Sekawan.

"Innalillahi Wainnailaihi Roji'uun selamat jalan wahai kawanku," demikian tulis Derry di instagram sambil menyematkan foto duka Jimmy Gideon berlatar belakang putih dengan hiasan bunga yang mengelilingi fotonya.

Baca Juga
Baca Juga

Derry yang mengaku akan selalu mengenang sosok Jimmy, turut menyampaikan doa terbaik bagi sang sahabat yang kini telah tiada.

"Aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah," tulisnya.

"Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoakanmu," lanjut Derry lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Nama Jimmy Gideon sendiri sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Selain melawak, ia sudah malah melintang di dunia hiburan Tanah Air dengan membintangi sejumlah judul sinetron dan film.

Bukan hanya itu, ia juga berprofesi sebagai pembawa acara dan bintang iklan. Nah, untuk mengenalnya lebih dekat, berikut beberapa fakta Jimmy Gideon yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


1. 5 Fakta Jimmy Gideon

Jimmy Gideon meninggal dunia.

Biodata Singkat

Dikenal dengan nama Jimmy Gideon, sosok yang meninggal dunia di usia 58 tahun ini punya nama asli Abdul Aziz. Ia lahir di Bengkulu pada tanggal 22 September 1963.

Terjun ke dunia hiburan, ia pun menggunakan “Jimmy Gideon” sebagai nama panggung, yang berhasil membuat popularitasnya melejit.

Nama Jimmy Gideon

Tidak semua penghibur baik itu penyanyi, aktor, aktris, pelawak, atau siapa saja, menggunakan nama aslinya untuk berkarier. Begitu pula Abdul Aziz yang telah dikenal luas dengan nama Jimmy Gideon.

Tentu, pemilihan nama tersebut tidak turun dari langit begitu saja. Ia memakai nama Jimmy karena pada waktu kecil ia sering disebut mirip Presiden Amerika Serikat ke-39 yang memerintah pada periode 1977-1981, Jimmy Carter.

Kemudian untuk nama Gideon, diambil dari grup lawak yang ia gawangi bersama Sion Gideon dan Habil Gideon.

Pernah Ditabrak Transjakarta

Semasa hidupnya, Jimmy Gideon pernah ditabrak Transjakarta ketika hendak pergi berkerja di radio, tepatnya pada tahin 2007 silam. Namun nahas, mobil yang ia tumpangi mengalami kecelakaan.

“Mau siaran radio pagi-pagi jam 05.00 WIB, Jimmy itu tabrakan, ditabrak busway. Jimmy pingsan lima hari itu kejadian 2007," ucapnya ketika jadi pembicara di salah satu acara siraman rohani.

“2006 Jimmy udah bertobat. Jimmy dulu nakal Pak Ustaz, sudah tobat ampun Ya Allah," lanjutnya lagi.

Akibat kecelakaan tersebut, menurut perhitungan medis, kans Jimmy untuk hidup hanya sekitar 10 persen.

Pengalaman Spiritual

Selama koma lima hari di rumah sakit, ia pun mengaku bertemu dengan bayangan hitam dalam mimpinya. Menurutnya, sosok tersebut adalah dirinya yang dahulu banyak melakukan kenakalan sebelum bertaubat.

Sebelum mengalami kecelakaan dan tidak sadarkan diri, Jimmy memang sudah kembali ke jalan yang benar. Namun keadaan koma pun membuatnya lebih sadar lagi untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Karier

Jimmy Gideon meniti karier di dunia hiburan pada awal era 90-an. Debutnya di film layar lebar dimulai lewat film drama komedi berjudul Lenong Rumpi pada tahun 1991.

Meski demikian, nama Jimmy baru melejit setelah bermain di sinetron Gara-Gara bersama Lydia Kandou. Setelah itu, orang-orang pun mulai mengenalnya sebagai figur publik dengan bermacam-macam talenta.

Artis IndonesiaBerita Ragam

Berita Terkini