x

Inspirasi Modifikasi Mobil yang Bermanfaat

Jumat, 16 September 2022 16:16 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi mobil. Foto: Shutterstock/Lifepal

INDOSPORT.COM - Banyak orang Indonesia gemar memodifikasi bagian mobil, mulai dari yang sederhana hingga sangat ekstrem hingga sangat berubah dari bentuk asalnya. Tidak jarang modifikasi hingga membuat fungsi beberapa bagian terabaikan.

Tentu bukan hal yang baik mengabaikan fungsi bagian mobil karena dapat membahayakan keselamatan. Jika ingin memodifikasi mobil sebaiknya memperhatikan fungsi atau buat sesuatu yang bermanfaat.

Baca Juga

Karena setiap perubahan perlu dilaporkan untuk mendapat keuntungan asuransi mobil dengan manfaat lengkap.

Selain modifikasi, pastikan melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil untuk mengurangi risiko kerugian di masa depan. Jika belum memiliki dapatkan asuransi mobil All Risk di sini untuk penawaran menarik.

Baca Juga

Inspirasi Modifikasi Mobil yang Bermanfaat

Selain demi keselamatan ketika mengendarainya, modifikasi mobil juga dapat berpengaruh pada polis asuransi mobil.

Baca Juga

Cobalah modifikasi bagian yang dapat menambah fungsi mobil dan memberi kenyamanan perjalanan. Berikut ini bisa jadi inspirasi:


1. Velg dan Ban

Ilustrasi mobil. Foto: Shutterstock/Lifepal

Velg dan ban menjadi bagian dari mobil yang cukup sering dimodifikasi, dengan mengganti ban dan velg original dengan ukuran berbeda. Tujuannya untuk membuat kendaraan lebih menarik, biasanya dengan velg yang lebih berwarna dan menarik.

Tidak masalah melakukan modifikasi bagian tersebut, selama fungsi yang ada tidak hilang. Namun, sebaiknya memilih dengan pertimbangan kenyamanan berkendara.

GPS

Pada mobil mewah atau kelas menengah ke atas biasanya sudah terpasang fitur GPS. Namun di Indonesia cukup jarang pada mobil kelas menengah ke bawah.

Maka bagi pemilik mobil tanpa fitur GPS dapat melakukan modifikasi dengan menambahkan fitur GPS pada mobil. Selain membuat mobil lebih keren, modifikasi ini memberikan fungsi yang dibutuhkan dalam berkendara terutama jarak jauh.

AUDIO

Bagi yang suka mendengarkan musik ketika berkendara, memodifikasi audio menjadi ide menarik. Merombak sistem audio dapat meningkatkan kualitas musik untuk didengar dapat memberi kepuasan tersendiri.

Namun, tetap perhatikan kenyamanan, terutama pastikan tidak mengurangi konsentrasi selama berkendaraan.

Lampu Kabin atau DRL

Penambahan lampu kabin atau Daytime Running Lights (DRL) juga cukup populer sebagai modifikasi sederhana namun sangat fungsional. 

Sebab, di siang hari lampu DRL berguna untuk saling awas memberi sinyal keberadaan masing-masing kendaraan.

Di beberapa negara bahkan diwajibkan lampu DRL karena kebutuhan menyalakan lampu bahkan di siang hari.

Charger

Smartphone menjadi benda tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern, karena itu akan selalu membutuhkan pengisian daya sewaktu-waktu. 

Biasanya orang akan menggunakan power bank atau mencari keberadaan colokan untuk charger untuk mengisi daya smartphone.

Menambahkan fitur charger pada mobil dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Anda jadi tidak kesulitan untuk melakukan pengisian daya smartphone, bahkan ketika melakukan perjalanan jauh.


2. Kamera Parkir

Ilustrasi mobil. Foto: Shutterstock/Lifepal

Seperti fitur GPS, fitur Parking Cam atau kamera parkir sudah ada dan menjadi standar pada kendaraan mewah. Namun, masih sangat jarang pada kendaraan kelas menengah ke bawah.

Padahal fitur kamera parkir ini dapat sangat membantu dan memberikan keamanan ketika melakukan parkir. Untuk itu memodifikasi mobil dengan menambah fitur ini dapat sangat bermanfaat.

Karpet

Modifikasi dengan menambahkan karpet pada mobil membantu menjaga higienis mobil sehingga memberi kenyamanan selama berkendara. Dijamin menambahkan karpet sangat berperan pada kenyamanan kendaraan Anda.

Terutama yang memiliki anak kecil selalu turut dalam mobil, menggunakan karpet yang baik dapat melindungi si kecil dari kemungkinan lecet karena terjatuh.

Kaca Film

Mengganti kaca film juga termasuk modifikasi yang dapat memberi manfaat pada mobil. Manfaatnya seperti mengurangi radiasi matahari yang masuk, sehingga suhu di dalam mobil tidak terlalu panas di siang hari.

Namun perlu dipertimbangkan gradasi warna tetap mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan. Perlu diketahui penggunaan kaca film pada mobil ternyata ilegal di beberapa negara, namun tenang karena di Indonesia dibolehkan.

Peredam Suara

Suara berisik baik berasal dari mesin dan ban kendaraan maupun dari kendaraan lain bisa sangat mengganggu. Apalagi Anda yang membawa balita dalam perjalanan bisa menjadi masalah besar.

Ketidaknyamanan tersebut bisa diatasi dengan memasang peredam suara pada kendaraan. Memasang peredam suara pada mobil bisa menjadi modifikasi sederhana namun sangat berguna pada mobil Anda.

Itu dia beberapa modifikasi mobil yang dapat memberikan manfaat pada penggunanya. Bisa menjadi inspirasi baik untuk Anda yang berniat memodifikasi mobil dan tidak ingin merusak fungsi kendaraan.

Mobil BaruBerita Ragam

Berita Terkini