x

Menelisik Manfaat Kalistenik, Olahraga Anti Ribet Andalkan Berat Tubuh

Kamis, 17 November 2022 20:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Kalistenik merupakan suatu jenis olahraga yang hanya mengandalkan berat badan tubuh dan terbilang praktis lantaran bisa dilakukan di mana saja. (Foto: AKSI)

INDOSPORT.COM – Bagi sebagian orang terutama para pencinta olahraga, Kalistenik mungkin sudah tidak asing didengar.

Peminat dari kalistenik ini juga rupanya sudah semakin ramai terlebih olahraga ini anti ribet lantaran hanya mengandalkan berat tubuh.

Baca Juga

Di Indonesia sendiri, sudah terbentuk sejumlah komunitas kalistenik dari berbagai wilayah yang dinaungi oleh AKSI (Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia).

Meski terlihat simple lantaran tak membutuhkan banyak alat dan bisa dilakukan di mana saja, olahraga kalistenik ini rupanya memiliki segudang manfaat.

Baca Juga

Ketua Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia (AKSI), Teuku Aufra Maretto, membocorkan sederet manfaat yang bisa didapatkan berkat olahraga ini.

“Manfaatnya banyak banget. Tergantung tujuannya apa yang mau kita capai,” ujar Aufra kepada INDOSPORT, Rabu (16/11/22).

Baca Juga

Aufra sendiri sudah serius mendalami metode olahraga kalistenik sejak tahun 2014 silam.

Alasan pria yang berprofesi sebagai pelatih kebugaran itu mengaku tertarik dengan kalistenik lantaran olahraga ini memiliki gerakan-gerakan unik.

Baca Juga

Menyoal gerakan kalistenik, ada beberapa teknik dasar yang harus dipelajari untuk para pegiat kalistenik pemula.

Beberapa gerakan dasar untuk pemula tersebut diantaranya plank, push up, bodyweight row, pull up, dan squats. Deretan gerakan tersebut dikatakan Aufra jika dilakoni secara rutin dan progresif nantinya bakal membawa perubahan bagi tubuh.


1. Manfaat Olahraga Kalistenik

AKSI (Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia), Wadah Komunitas Olahraga Kalistenik dan Street Workout di Indonesia. (Foto: AKSI)

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapat oleh tubuh berkat menekuni olahraga kalistenik diantaranya sebagai berikut: 1. Tubuh akan menjadi semakin bugar

2. Tampilan tubuh terlihat menarik sehingga membuat kepercayaan diri ikut meningkat

3. Mampu meningkatkan mood

4. Bisa memperluas relasi karena bertemu banyak orang baru yang satu hobbi

5. Lebih produktif dengan kegiatan yang positif

6. Sangat bagus untuk Kesehatan mental. Karena sudah banyak pegiat kalistenik yang mengaku stress levelnya jadi menurun usai aktif berlatih kalistenik.

AKSI Jadi Wadah Komunitas Kalistenik di Indonesia

Mewakili AKSI, Teuku Aufra Maretto berharap agar komunitas olahraga kalistenik di Indonesia kian merambah dan komunitas yang sudah terbentuk bisa berumur panjang.

Selain itu, dirinya juga berharap agar kedepannya semakin banyak pusat-pusat kebugaran yang mengadopsi kalistenik sebagai salah satu metode latihan yang disuguhkan.

Baca Juga

Tak lupa, ia juga berharap supaya semakin menyebar taman-taman berfasilitas kalistenik yang dibangun di berbagai wilayah tanah air.

AKSI sendiri merupakan singkatan dari Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia. Asosiasi ini menjadi wadah dari komunitas olahraga Kalistenik dan Street Workout di segala penjuru Nusantara.

Baca Juga

Sekedar informasi, Kalistenik sendiri merupakan suatu jenis olahraga yang hanya mengandalkan berat badan tubuh.

Sementara itu untuk Street Workout, merupakan jenis olahraga yang dilakukan di ruangan terbuka atau biasanya di jalanan.

Sudah berdiri sejak 21 September 2017 silam, AKSI bertekad ingin mengembangkan metode kedua olahraga ini agar tak sekedar menjadi tren yang bersifat musiman.

Komunitas Sehat

Berita Terkini